x

Ilustrasi Penembakan. Getty Images

Iklan

Gusrowi AHN

Coach & Capacity Building Specialist
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Mencoba Saja Belum Tentu Berhasil, Apalagi Tidak!

Merespon sebuah peluang di depan mata, ternyata tidak selalu berakhir dengan sebuah 'percobaan'. Terlalu Pede bakal diterima? Atau takut tidak diterima?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

"Mencoba saja belum tentu berhasil, apalagi tidak mencobanya". Ini respon yang saya tanamkan di dalam diri ketika menemukan peluang dan kesempatan di depan mata. Frase ini cukup efektif ternyata untuk memotivasi diri saya untuk berani mencoba. Berbeda dengan sekedar "coba-coba", keberanian mencoba harus berdasar pada keseriusan dan niat yang jelas. 

Tidaklah perlu kita berpikir terlalu PeDe "Bagaimana jadinya nanti jika saya benar-benar mendapatkan peluang itu?" atau berpikir "Ya kalau gak berhasil nanti gimana?" . Sebelum mencobanya, tentu kita tidak akan pernah tahu jawabannya. Namun, banyak orang acapkali "mundur" dulu, bahkan ketika belum memasuki "medan penentuan". Banyak hal yang menjadi alasannya, dari merasa tidak memenuhi kualifikasi; tidak berpengalaman; tidak yakin diterima; dan sebagainya.

Salah satu hal yang membuat alasan-alasan itu mengemuka, mungkin karena kita hanya melihat sebuah "medan penentuan" sebagai arena "menang dan kalah" belaka. Semua dari kita pasti menginginkan kemenangan, sehingga  kekalahan adalah momok yang selalu menakutkan dan sebisa mungkin untuk dihindari. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Disinilah, memiliki "keberanian mencoba" sangatlah penting. Salah satu syarat agar hal ini bermanfaat adalah dengan membuang jauh-jauh pikiran mencari kemenangan, dan lebih mengedepankan semangat belajar mengenali kemampuan dan kapasitas diri kita. Jika kita berhasil, kita bisa menilainya sebagai sebuah prestasi, dan jika kita belum berhasil, mindset yang haru kita tanamkan adalah "masih banyak hal yang harus kita tingkatkan". Tidak hanya soal pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga soal bagaimana kita mempengaruhi "semesta" agar mendukung apa yang menjadi keinginan dan cita-cita kita. 

Saya yakin, masih banyak yang belum kita ketahui di dunia ini, dan mencoba apapun peluang dan kesempatan yang ada menjadi lorong dan ruang untuk melengkapi perjalanan dan pengalaman hidup kita. Selamat Mencoba! #gusrowi.

 

Ikuti tulisan menarik Gusrowi AHN lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu