x

Iklan

Redaksi Indonesiana

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 Februari 2020

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Mengenal 5 Alat Laboratorium yang Harus Ada

Nah, saat ini kita ulas alat alat laboratorium satu-satu yuk. Berikut daftar alat alat laboratorium yang akan kami up-date dengan periodik :

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bicara mengenai alat laboratorium yang banyak pasti jadi hal yang menyenangkan. Jadi hal yang menarik untuk terus di perbincangkan, ditambah lagi bila fokus pada tehnologi paling baru. Beberapa jenis alat laboratorium mungkin terbagi dalam alat laboratorium farmasi, alat laboratorium kimia serta alat laboratorium biologi.

Klasifikasi alat laboratorium pasti dapat berlainan, contohnya tiap alat laboratorium mempunyai fungsi yang berlainan. Tetapi terbuka peluang jenis alat yang sama ada di tiap laboratorium, baik Biologi, Kimia, Fisika atau serta Farmasi. Misalnya timbangan analitik atau mikroskop yang perlu ada di sejumlah jenis laboratorium.

Nah, saat ini kita ulas alat alat laboratorium satu-satu yuk. Berikut daftar alat alat laboratorium yang akan kami up-date dengan periodik :

Mikroskop

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Mikroskop ialah satu alat laboratorium yang dipakai untuk lihat benda atau objek yang ukurannya kecil, serta benar-benar kecil hingga susah bila cuma memakai mata telanjang. Alat yang satu ini akan membuat objek kelihatan semakin besar serta dapat dikerjakan penilaian pada objek itu.

Mikroskop jadi alat laboratorium umum kemungkinan telah diketahui oleh beberapa orang. Pemakaian mikroskop untuk lihat benda-benda memiliki ukuran kecil tentunya memudahkan pekerjaan laboran memperhatikan objek dengan ukuran yang mikro. Banyak antara kita serta pernah memakai mikroskop semenjak di Sekolah Menengah Atas(SMA). Jadi alat laboratorium kimia, biologi serta farmasi penentuan mikroskop yang sesuai dengan sangat dibutuhkan.

Timbangan Analitik

Timbangan analitik ialah satu timbangan yang dipakai untuk mengukur waktu satu benda, sama dengan timbangan biasanya. Tetapi timbangan analitik mempunyai potensi yang lebih detil serta diutamakan untuk menimbang benda dengan berat yang benar-benar mudah.

Timbangan analitik adalah salah satunya alat laboratorium farmasi yang harus ada. Ini karena timbangan analitik menggenggam fungsi penting dalam proses pengukuran(penimbangan) satu material.

Peranan timbangan analitik yang ambil fungsi benar-benar utama di laboratorium farmasi tentu saja harus didukung dengan produk bermutu baik. Sekarang, beberapa jenis timbangan analitik telah diperlengkapi dengan feature kalibrasi internal konektor dengan computer. Penentuan timbangan analitik yang sesuai dengan bisa mempermudah laboran dalam proses menimbang zat atau sample.

Mikropipet

Mikropipet ialah satu alat laboratorium yang dipakai untuk ambil atau mengalihkan cairan dalam jumlahnya sedikit dengan tepat. Sebenarnya mikropipet mempunyai fungsi seperti pipet biasanya, untuk mengalihkan cairan atau larutan, namun ada ketidaksamaan ketepatan volume yang dipindahkan.

Nah, mikropipet sebuah alat yang ditingkatkan dari pipet konvensional. Dulu kemungkinan kita ketahui jika pipet itu berupa tabung gelas kecil dengan ujung meruncing, dengan lubang pada satu ujung serta karet pump pada ujung yang lain. Tetapi, seiring waktu berjalan keperluan akan ke-presisi-an jumlahnya sampel yang dipakai, dikembangkanlah pipet dengan tingkat presisi yang baik.

Spetrofotometer

Spektrofotometer ialah satu alat yang dipakai untuk menganalisis satu senyawa baik dari sisi kualitatif serta kuantitatif, dengan mengukur absorban satu kutipan jadi fungsi dari konsentrasi.

Spektrofotometer jadi alat laboratorium farmasi cukup menggenggam fungsi yang perlu. Pada masalah yang detil umumnya dipakai untuk mengukur resapan larutan atau zat. Nah, spektrofotometer ini mempunyai banyak jenisnya, dari mulai spektrofotometer single beam, double beam, rasio beam sampai dual beam.

HPLC

HPLC atau High Performance Liquid Chromatography salah satu alat laboratorium farmasi biasa dipakai untuk menganalisis sample berbentuk liquid(cair) atau padatan yang lewat proses preparasi terlebih dulu. Pemakaian HPLC di laboratorium farmasi umumnya fokus pada analisa kuaitatif serta kuantitatif dengan detektor Uv.

Tipe komposisi dari HPLC yang mungkin seringkali anda dengar, seperti : Isocratic Manual Injector, Binary Skema, Quaternary Skema With Autosample.

Prinsip kerja alat HPLC beracuan pada jalinan di antara babak diam serta babak gerak. Babak diam diketahui dengan stationery phase serta babak gerak mobile phase. Sebelum memakai HPLC sebaiknya anda mengerti proses kerja HPLC sesuai komposisi yang anda punya.

Membaca buku tutorial memakai HPLC ialah pilihan pas saat anda ingin mengerti proses kerja HPLC. Buat anda yang ingin tahu selanjutnya tentang HPLC, dapat membaca artikel mengenai HPLC pada session awalnya.

Demikian bahasan tentang “Daftar Alat Alat Laboratorium Yang Butuh Anda Ketahui“. Mudah-mudahan dapat memberi deskripsi pada anda berkaitan pemahaman serta fungsi dari semasing alat.

Ikuti tulisan menarik Redaksi Indonesiana lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu