Peringatan Hari Pahlawan Tingkat Kabupaten Tasikmalaya

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
img-content
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bangsa ini sedang membutuhkan banyak pahlawan, untuk mewujudkan bangsa yang damai, adil dan demokratis, guna meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Bupati Tasikmalaya H. Uu Ruzhanul Ulum, selaku inspektur upacara dalam memberikan sambutannya,mengingatkan kembali bahwa sejarah perjalanan Bangsa untuk mendirikan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) diperlukan perjuangan panjang, dikatakan pula bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia tidak akan bisa berdiri menjadi Negara yang merdeka, berdaulat dan terhormat seperti saat ini, tanpa perjuangan para pejuang, pendiri Bangsa dan para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa, raga, pikiran serta hartanya.

Sejarah Bangsa dan Negara Indonesia, mencatat, bahwa perjuangan untuk merebut kemerdekaan, mendirikan dan mendirikan NKRI membutuhkan ikatan persatuan dan kesatuan yang kuat.

Komitmen para pejuang, pendiri bangsa dan para pahlawan untuk mempersatukan bangsa ini, melahirkan sikap kepahlawanan, kesetiakawanan social serta menguatkan memori kolektif bangsa saat itu, agar supaya berani bertindak nyata untuk melawan Penjajah dan ketertindasan akibat kolonialisme dan imperialisme.

Sikap kepahlawanan adalah merupakan sebuah perwujudan tindakan dan pengorbanan yang penuh militansi, dan juga sikap kesetiakawanan social adalah perwujudan dari kepekaan social (bathin). Kita harus memaknai semua itu, bukan hanya sekedar ungkapan saja, tetapi harus dijadikan sebagai kekuatan moral yang dapat diterapkan di semua aspek kehidupan berbangsa dan bernegara untuk Indonesia pada masa kini dan mendatang.

Usia Kemerdekaan Indonesia telah menginjak 71 tahun, peringatan Hari Pahlawan tahun 2016 ini, mengambil tema “ Satukan Langkah Untuk Negeri , tema tersebut dipilih dimaksudkan untuk menggugah semangat semangat kepahlawanan, dan diharapkan muncul banyak pahlawan dalam segala bidang kehidupan dalam konteks ini, kita mengisi makna Hari Pahlawan yang kita peringati setiap tahunnya pada 10 Nopember termasuk hari ini.

Bangsa ini sedang membutuhkan banyak pahlawan, untuk mewujudkan bangsa yang damai, adil dan demokratis, guna meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Bupati mengharapkan, agar setiap orang harus berjuang untuk menjadi pahlawan, oleh karena itu, hari pahlawan tidak hanya 10 Nopember, tetapi harus berlangsung setiap hari dalam kehidupan kita, dan harus berjuang paling tidak untuk menjadi pahlawan bagi diri sendiri dan keluarga, artinya kita menjadi warga yang baik dan meningkatkan prestasi dalam kehidupan masing-masing.

Dalam kesempatan di akhir sambutan, Bupati menyampaikan Penghargaan yang setinggi-tingginya, disertai ucapan terimakasih atas kehadiran para peserta upacara Peringatan Hari Pahlawan dan akan melanjutkan perjuangan para pahlawan melalui Cipta, Rasa dan Karsa untuk pembangunan Indonesia yang lebih maju, adil dan sejahtera.

Peringatan Hari Pahlawan Tingkat Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2016, dipusatkan di halaman Gedung Bupati (GEBU), diikuti para peserta upacara dari berbagai elemen ormas,selain Anggota KORPRI, banser partai,FKPPI.Pemuda Pancasila,Pemuda Panca Marga,LVRI serta TNI-POLRI, dihadiri Ketua,Wk. Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Wakil Bupati Tasikmalaya, Pejabat teras/Kepala SKPD Pemkab, FORUM KOMUNIKASI PIMPINAN DAERAH, para Pejabat Sipil dan TNI-POLRI serta Tokoh Ulama,Kyai,Sesepuh Masyarakat dan Tokoh Pemuda. Tampak hadir pula Pengurus dan Anggota LVRI, DHC 45, PEPABRI dan Warakawuri serta keluarga besar para pejuang setempat.(10/11).

Singaparna,Kabupaten Tasikmalaya,

 

Iwan singadinata

Bagikan Artikel Ini
img-content
Iwan Singadinata

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler