x

Iklan

Septian Arikarya

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Anggota Manggala Agni Melakukan Evaluasi dan Tes Urine

Evaluasi kinerja dan tes bebas narkoba anggota Manggala Agni Daops Pontianak untuk memastikan kualitas fisik, mental dan pengetahuan atau sumber daya manusia.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Untuk meningkatkan kinerja para Anggota Manggala Agni Daerah Operasi (Daops) Pontianak, melakukan evaluasi terhadap 59 anggotanya. Evaluasi dilakukan di kantor Maggala Agni, Jalan Rasau Jaya Km.26, Rasau Jaya, Kubu Raya Selasa (19/12/2017).

Kepala Manggala Agni Daerah Operasi Pontianak, Sahat Irawan Manik mengatakan, pelaksanaan evaluasi bertujuan untuk memastikan kualitas fisik, mental, dan pengetahuan atau sumber daya manusia (SDM) Anggota Manggala Agni. Khususnya dalam pelaksanaan pengendalian kebakaran hutan dan lahan pada lingkup Balai PPIKHL Wilayah Kalimantan.

“Evaluasi ini dilaksanakan selama tiga hari, sejak senin hingga hari ini Rabu (20/12/2017). Untuk tahapan pelaksanaan evaluasi ini hari pertama dilakukan tes bersih dari narkoba dan tes kesehatan dengan pemeriksaan urine para personel, di lanjutkan hari kedua dengan Tes fisik anggota dan pada hari ini di lakukan tes tertulis dan wawancara pengetahuan Anggota manggala agni.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dalam pelaksanaan evaluasi ini, untuk tes urine, kesehatan, dan fisik, Manggala Agni Daops Pontianak bekerjasama dengan Puskesmas Rasau Jaya, BNN Kubu Raya dan Kodam 1207/Tpr."katanya"

“Menurutnya untuk tes fisik kita laksanakan pada Selasa dengan menggunakan standard TNI. Sedangkan untuk tes wawancara dilakukan oleh pejabat atau staf terkait Balai PPIKHL Wilayah Kalimantan.

Ia menyebutkan, evaluasi terhadap Anggota Maggala Agni berdasarkan perintah pimpinan pusat. Yang mengharuskan Anggota Maggala Agni bebas dari segala macam bentuk penggunaan narkoba.

“Selama ini saya juga menyampaikan kepada Manggala Agni untuk tidak mendekati apapun jenisnya narkoba. Karena hal itu hanya merusak diri dan juga akan mengganggu aktivitas,” katanya.

Dengan Tegas, Sahat Irawan manik mengungkapkan, bila ada Manggala Agni positif menggunakan narkoba, akan dilaporkan ke pimpinan pusat untuk mengonsultasikan sanksi yang pantas. Apakah yang bersangkutan dimutasi, diberhentikan, atau tetap dilanjutkan sebagai Manggala Agni. “Kita akan melihat hasil dari evaluasi selama tiga hari yang kita laksanakan ini,” ucapnya.

Ke depan, kata dia, Manggala Agni harus dan dituntut menjadi Central of Excellent dan ini merupakan wacana dari pimpinan pusat. “Diharapkan dengan adanya evaluasi, Manggala Agni ini menjadi tenaga profesional dalam penanggulangan serta pengendalian kebakaran hutan dan lahan.

Secara terpisah kami menumui Anggota Manggala Agni yang mengikuti  serangkaian tes, Syarif musa dan Gunawan Mengungkapkan mereka mengaku kaget akan pemeriksaan urine oleh BNN, tes Fisik yang berstandar TNI yang menjadi tahapan evaluasi tsb, tetapi mereka mengaku mendukung dan siap untuk mengikuti evaluasi ini dengan semangat.

Ikuti tulisan menarik Septian Arikarya lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler