x

Foto Kucing

Iklan

Beni Kris

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 1 Maret 2020

Senin, 2 Maret 2020 07:57 WIB

3 Hal yang Tidak Boleh Anda Lakukan Sebagai Pemilik Kucing

Jika Anda pemilik dan berniat untuk memelihara kucing, jangan lakukan ini! Sebab akan banyak dampaknya kepada hubungan Anda dengan kucing.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Melihat kucing yang lucu dan menggemaskan mungkin membuat Anda berniat untuk ikut memliharanya satu atau dua di rumah. Jenis atau ras kucing yang biasa diperliahara biasanya kucing persia dan kucing anggora. Namun taukah Anda, bahwa memlihara kucing tidak boleh sembarangan.

Setidaknya ada 3 hal yang "HARAM" Anda lakukan kepada kucing yang baru saja mulai Anda rawat. Apa saja itu? inilah 3 hal tersebut :

1. Membiarkan Kucing Anda Berkeliaran

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Saran ini yang paling kontroversial dalam daftar. Di AS, banyak ahli dokter hewan yang menganjurkan kucing harus disimpan (di beri tempat) di dalam rumah. Banyak pemilik kucing yang membiarkan kucing mereka berkeliaran.

Anda perlu tau beberapa hal, yang pertama, tidak semua orang menyukai kucing, ada yang jijik bahkan ada yang begitu membenci. Lalu apa urusannya dengan kucing kita? Tentu apabila kucing kita berada dekat dengan orang tersebut, bisa saja kucing kita akan diteriaki, disiram air, bahkan hingga diperlakukan kasar.

Bisa juga kucing Anda teracuni, tertabrak mobil ataupun diserang oleh anjing. Hal ini tentu akan membahayakan kucing Anda, atau bahkan bisa memperpendek umurnya.

Kualitas kehidupan dalam ruangan kucing dapat dilengkapi dengan alat memasukkan mainan, panjatan pohon dan dinding yang biasanya akan kucing gunakan sebagai media cakar. Jika Anda ingin membiarkan bermain yang lebih lega, Anda bisa membatasinya dengan pagar ataupun sekat pembatas agar kucing bebas bermain, namun tetap terlindungi.

2. Menakuti atau Menghukum Kucing Anda

Cara tercepat untuk menghancurkan hubungan Anda dengan kucing Anda adalah dengan meneriakinya, membuatnya takut, menyakitinya atau memberinya kesan buruk pada Anda. Dengan kata lain, hukuman bukanlah solusi untuk mengubah perilaku kucing.

Anda akan dikenang sebagai makhluk mengerikan yang harus dia tinggalkan. Namun jika Anda berencana untuk mendapatkan kedekatan dengan kucing peliharaan Anda, Anda dapat membentuk perilakunya dengan pujian dan perlakuan.

Kucing yang ketakutan stres, dan stres dikaitkan dengan sejumlah masalah kesehatan. Kucing menyukai lingkungan yang damai dengan orang-orang yang membiarkan mereka menjadi kucing. Kucing yang bahagia, lebih sehat dan akan membuat Anda lebih bahagia juga.

3. Berlebihan Memberi Makan

Anda mungkin gemas dan bahagia saat kucing Anda makan dengan lahap dan selalu cepat habis, hal ini memicu Anda untuk memberi dan menambahkan makanan kepadanya lagi. Meskipun demikian, setiap makhluk hidup haruslah makan sesuai dengan porsinya.

Jika Anda berlebihan dalam memberinya makan, ini membuat kehidupan kucing Anda menyedihkan dan memperpendeknya juga. Dokter hewan telah berusaha keras membuat pemilik hewan peliharaan mengerti ini. Banyak kucing dengan kelebihan berat badan menderita radang sendi kucing terkait dengan berat badannya.

Sama seperti manusia, kucing juga bisa terserang diabetes. Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan membatasi asupan makanannya. Kucing tidak bisa membuka makanan kalengan mereka. Sebagai pemilik kucing, Anda memiliki kontrol atas asupan makanan mereka untuk menjaga kesehatan mereka. Semuanya terserah Anda untuk menggunakan otoritas Anda.

Semoga kucing Anda tetap sehat dan Anda juga bahagia.

Ikuti tulisan menarik Beni Kris lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu