x

Corona

Iklan

Sandyawan Sumardi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Rabu, 25 Maret 2020 14:39 WIB

Lockdown, Saudaraku, Komunitas Kerjaku!

Tidak penting kalau kemudian pemerintah pusat akhirnya tidak merasa perlu adanya lockdown dalam menghadang wabah virus corona ini, tidak jadi mengadakan karantina wilayah. Dalam situasi hidup dan mati ini, masihkan kita hanya menggantungkan hidup kita sepenuhnya pada pemerintah?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 
 
Kita warga masyarakat tak perlu panik dan takut, karena kekuatan utama saat menghadapi berbagai macam krisis kehidupan di tengah masyarakat adalah kerendahan hati kita untuk berani membangun persekutuan, membangun solidaritas kemanusiaan, dan kerja keras, berjuang tanpa pernah menyerah.
 
Kerendahan hati adalah keberanian untuk mengakui kelemahan dan kesalahan sendiri serta kesediaan untuk memaafkan orang lain. Ini menandakan bahwa kita menyadari akan kesalahan dan kelemahan yang kita miliki sendiri, kemudian sendiri dan bersama, kita berani berjuang untuk mengubah dari sikap negatif menuju sikap positif, memperjuangankan nilai-nilai kebaikan, kebenaran, keadilan dan perdamaian. Berdamai, bersekutu  dengan Sang Penyelenggara Kehidupan.
 
Lockdown
 
Sudah 6 hari lalu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berkoordinasi dengan Kepala BNPB Doni Monardo, yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, untuk membicarakan opsi lockdown. Lockdown adalah menghentikan aktivitas keluar dan masuk suatu wilayah. Karantina wilayah. 
 
Tidak penting kalau kemudian pemerintah pusat akhirnya tidak merasa perlu adanya lockdown, tidak jadi mengadakan karantina wilayah. Dalam situasi hidup dan mati ini, masihkan kita hanya menggantungkan hidup kita sepenuhnya pada pemerintah?
 
Bukan semata karena himbauan pemerintah daerah atau pemerintah pusat. Tak perduli juga dengan riuh-rendah pro-kontra lockdown atau tidak, sungguh demi keselamatan banyak nyawa sesama, demi kemanusiaan yang adil dan beradab, saya memutuskan untuk mengajak saudara-saudara saya, komunitas kerja saya, untuk "mengunci diri" sementara dalam masa darurat virus corona ini, beraktivitas di dalam rumah sendiri dan di lingkungan sendiri, mentaati lockdown terbatas, karantina terbatas selama paling tidak 2 minggu 3 minggu kedepan.
 
Artinya semua tugas pekerjaan kita, termasuk menyelenggarakan "Rumah Solidaritas Kemanusiaan Warga Jakarta", sedapat mungkin kita lakukan dari rumah kita masing-masing melalui telpon, melalui sistem online, rapat online berbasis web, video call, live streaming, menggunakan jasa gosend, dlsb. Kalau toh sangat terpaksa harus keluar rumah, pergilah sendiri, hindari kerumuman dan kedekatan yang melawan prinsip social distancing meassure.
 
Karena cinta pada nyawa kita sendiri, nyawa sesama, nyawa lingkungan hidup kita, maka kita bisa berjuang bersama melawan wabah virus corona!
 
Jakarta, 21 Maret 2020.
 
Sandyawan Sumardi

Ikuti tulisan menarik Sandyawan Sumardi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler