x

Area pelataran parkir warung Kopi Klotok, Yogyakarta

Iklan

M. Fitrah Wardiman

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 Maret 2020

Kamis, 26 Maret 2020 16:01 WIB

Kopi Klotok, Pelestari Ingatan Masa Lalu

Sembari menunggu pesanan tiba, sorot mata saya memindai sekeliling. Kemudian terpaku kagum pada bangunan bergaya lawas khas jawa. Atapnya menjulang menyerupai segitiga. Serambi depan lebar dan ruang tengahnya kotak tidak bersekat. Tiap sisi ruangannya dipenuhi ornamen kayu dan perkakas antik sebagai pelestari ingatan masa lalu. Inilah bangunan utama Kopi Klotok yang disebut rumah joglo.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Nyaman. Itu kesan yang tergambar saat kaki pertama kali memijak di warung Kopi Klotok, Yogyakarta. Bagaimana tidak, semilir angin pepohonan rindang, hamparan sawah yang instagramable, serta kicauan burung yang terbang kejar-kejaran membuat siapa saja enggan beranjak pergi.

Minggu siang, 22 Maret. Terik matahari yang menyembul kuat berganti udara sejuk begitu memasuki pelataran parkir warung Kopi Klotok di Jalan Kaliurang Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Hari itu tampak sepi. Hanya beberapa pengunjung yang lalu-lalang. Pandangan lantas tertuju pada orang yang berseragam kuning. Raut mukanya kelelahan memapah nampan yang disampirkan ke bahu. Bolak-balik mengantar pesanan. Ia adalah orang yang bertugas melayani pengunjung. "Duduk dulu, mas. Nanti pesanannya diantar," katanya setelah saya memesan dua gelas kopi klotok dan pisang goreng.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Asal tahu saja -barangkali pembaca sudah tahu- ternyata nama kopi klotok diambil dari proses penyajiannya. Pertama-tama kopi hitam yang hendak disajikan direbus hingga berbunyi 'klotok-klotok'. Mendengar itu, saya semakin penasaran dan tak sabar ingin menyeruput.

Sembari menunggu pesanan tiba, sorot mata saya memindai sekeliling. Kemudian terpaku kagum pada bangunan bergaya lawas khas jawa. Atapnya menjulang menyerupai segitiga. Serambi depan lebar dan ruang tengahnya kotak tidak bersekat. Tiap sisi ruangannya dipenuhi ornamen kayu dan perkakas antik sebagai pelestari ingatan masa lalu. Inilah bangunan utama Kopi Klotok yang disebut rumah joglo.

Berjarak sepelemparan batu dari rumah joglo, terpajang alat transportasi unik: yakni delman dan becak. Kondisinya sudah reot dan lapuk dimakan usia. Namun tetap artistik menjadi objek swafoto. Sementara spot lain yang tak kalah menarik adalah area duduk lesehan yang berhadapan langsung dengan panorama sawah. Pemandangan ini mengingatkan pada gambar lanskap di kalender. "Cocok untuk foto kalender," pikirku.

Bagi para pecinta kuliner, tempat ini patut disambangi. Kehadirannya tak melulu menyoal selera makan dan minum, tapi juga suasana kalem yang ditawarkan melebihi wisata kuliner lainnya. Soal harga, jangan khawatir. Minuman kopi klotoknya dibanderol seharga minuman pop ice, alias cuman Rp 5 ribu. Kudapan pisang goreng hanya Rp. 6.500 per porsi. Menu yang tak kalah murah adalah sambel dadak, seharga Rp 500. Tidak bikin kantong kempis, kan?

Kalau masih kemahalan, penjaja bisa hengkang tanpa harus bayar. Sebab, sistem pembayaran yang digunakan sangat longgar. Begitu selesai menyantap kudapan, pengunjung tinggal mendatangi bilik kasir dan menyebutkan menu yang sudah dilahap. Toh, siapa yang tahu kalau semisal pesan dua porsi, akunya seporsi. Dengan kata lain, kejujuran sangat dikedepankan. Di tempat inilah setiap dari pengunjung bertemu dengan orang-orang jujur tanpa harus saling mengenali.

Jika ingin berkunjung, upayakan di pagi hari. Menurut banyak orang, suasana pedesaannya akan sangat kental terasa. Mulai beroperasi dari pukul 07.00 waktu setempat hingga pukul sepuluh malam. Di akhir pekan cukup ramai. Puncaknya pada hari Sabtu dan Minggu yang kebanyakan di dominasi oleh milenial.

Sejak pertama kali dibuka, tahun 2015 lalu, tempat ini selalu ramai dikunjungi. Bahkan santer menjadi buah bibir. “Suasananya asri,” begitu kira-kira pengakuan mereka.

Beberapa seniman, artis, menteri, dan wakil presiden juga pernah menyambangi tempat ini. Diantaranya ada nama Mahfud MD, Najwa Shihab, Ma'ruf Amin, Ari Lasso, dan Sri Mulyani. Hal ini diketahui dari bubuhan tanda tangan mereka yang terbingkai rapi di dinding.

Bagi yang terakhir kali berkunjung di tahun 2015, tentu sudah banyak yang berubah. "Sekarang bertambah luas," kata Hairil Amri, mahasiswa Yogyakarta yang ikut menemani. Sekarang, luas halamannya mencapai hampir separuh lapangan sepak bola.

Kalau berencana mendatangi warung ini, boleh menjelajahi peramban Google terlebih dahulu. Ketik saja Kopi Klotok, maka akan muncul berbagai informasi berguna sebagai bekal sebelum menikmati embusan angin, hamparan sawah, rumah joglo dan kicauan burung yang terbang kejar-kejaran. Semacam oase yang mengingatkan pada kampung halaman. Pepatahnya, belum ke Jogja kalau belum ke Kopi Klotok.

Ikuti tulisan menarik M. Fitrah Wardiman lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler