x

ilustr: mojok

Iklan

Rizki Hizlia Harfani 2001111430

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 23 Februari 2021

Rabu, 24 Februari 2021 12:28 WIB

Jadilah Sahabat yang Selalu Memberi Tanpa Mengingat dan Selalu Menerima Tanpa Melupakan

Persahabatan tidak diukur dari banyaknya harta, tapi seberapa lama bisa bertahan dalam suka maupun duka, walaupun letaknya berjauhan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Ada yang bilang bertanya: “Apakah perbedaan antara sahabat dan teman biasa ?” Jawabannya sangat berbeda. Teman biasa adalah seseorang yang hanya kenal nama saja, namun seorang sahabat adalah dia yang mengetahui apapun tentang diri kita. Selain keluarga, dia yang paling mengenal kita, dia yang tahu kekurangan dan kelebihan, dan dia yang paling tahu tentang perasaan kita.

Sahabat memang selalu punya tempat yang istimewa dalam hidup kita. Bersama merekalah, kita dapat berbagi suka maupun duka, menghibur dengan canda dan tawa, dan berbagi kebahagiaan maupun kesedihan, dan tak jarang sahabat menjadi satu-satunya tempat pelarian disaat kita kebingungan mencari solusi atas masalah kehidupan. Dibandingkan teman biasa, sahabat nampaknya akan selalu ada untuk kita. Itulah alasan mengapa sahabat lebih berharga daripada seorang teman biasa.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Lalu bagaimana kita bisa membedakan antara sahabat dan teman biasa? Contohnya sangat sederhana, Misalnya ketika kita dalam kondisi kesulitan. Terkadang dalam kondisi seperti ini, kita akhirnya bisa mengetahui siapa saja yang benar-benar peduli. Seorang teman mungkin akan menghilang bak di telan bumi, sedangkan sahabat, dia yang menjulurkan tangannya dan membantu kita untuk bangkit kembali.

Namun setelah mengukir cerita-cerita indah bersama sahabat, hal yang baru kamu ketahui saat ini adalah hari demi hari kamu dan sahabat semakin tumbuh dewasa. Waktu bertemu dan waktu kebersamaan kalian mulai berkurang karena sibuk dengan urusan masing-masing.

Bukan karena punya teman baru kemudian melupakan sahabat lama, namun karena telah sadar bahwa bukan masanya lagi untuk kita melakukan hal-hal konyol seperti di masa lalu. Mengapa ? Alasannya mungkin bagi sahabatmu, ada sesuatu yang lebih penting, yaitu memperbaiki diri untuk masa depan.

Seharusnya tugas kita sebagai sahabatnya adalah untuk tetap mendukungnya. Jangan pernah berpikiran bahwa sahabatmu telah berubah, karena dia masih sama seperti yang dulu, namun cara pandangnya saja yang telah berbeda. Cobalah saling memahami dan mengerti cara tersebut, karena itulah sesungguhnya makna dari kisah persahabatan.

                                                           SAHABAT

Sahabat bukan tentang seseorang yang telah lama kau kenal, tetapi tentang seseorang yang menghampiri dan singgah di hidup mu, kemudian dia tak pernah meninggalkan mu. Sahabat yang baik adalah dia mampu merasakan kehiangan kita yang pergi untuk sementara maupun selamanya. Persahabatan itu indah, tapu memerlukan kesabaran untuk menjadikannya tetap indah dalam waktu yang lama. Seorang sahabat sejati tidak akan melangkah pergi disaat temannya sedang dalam kesusahan. Teman seharusnya seperti buku, sedikit, tapi dipilih dengan tangan.

Di temanku, aku menemukan diriku yang kedua. Persahabatan adalah satu pikiran dalam dua tubuh. Jika seorang sahabat tak dapat mencegah kita jatuh, dia akan menyambut di bawah, agar kita tak terhempas. Perpisaan bukan berarti kalian tidak bertemu kembali. Perpisahan hanyalah nasihat agar kalian tetap akrab saat bertemu kembali. Sahabat yang baik itu sangat sulit di temukan, sulit dihilangkan, dan tak mungkin dilupakan. Sahabat adalah mereka yang selalu membuat diriku menjadi jauh lebih baik dan bukan menjadi lebih buruk. Sebagai teman terbaikmu, aku akan selalu menjemputmu saat kau jatuh, setelah selesai tertawa.

Jangan pernah membuat sahabat kecewa, karena untuk percaya lagi itu tidak mudah. Sahabat sejati adalah ketika dunia memberimu kesedihan, maka dia akan memberimu sejuta kebahagiaan. Sahabat yang baik tidak akan menjadi orang lain, tetapi sahabat yang baik akan menerima sahabatnya apa adanya. Sahabat bukan dia yang mengenalmu sudah lama, tetapi sahabat adalah dia yang tidak pernah meninggalkanmu dalam kondisi apapun. Setiap persahabatan menawarkan sesuatu yang unik – dan tak tergantikan. Setiap persahabatan akhirnya membuat kita menjadi diri kita sendiri.

Sahabat adalah seseorang yang bisa memberikan pelajaran, yang tak kamu dapatkan dari sekolah manapun. Sahabat adalah mereka yang tetap ada walau seluruh dunia berkata kau tak lagi berharga. Jangan jadikan sahabat sebagai musuh. Karena sahabat mengetahui semua kelemahanmu. Seorang teman sejati tahu kelemahanmu tapi menunjukkan kekuatanmu. Terkadang, lebih mudah memaafkan musuh daripada seorang teman. Teman akan “menikam” mu dari belakang. Tapi sahabat akan menampar mu dari depan.

Cara terbaik untuk menghancurkan musuh adalah dengan menjadikanya seorang teman. Bukan tentang banyak-banyakan teman, tetapi seberapa banyak yang benar-benar teman. Sahabat palsu itu seperti bayangan. Mereka mengikutimu dibawah sinar mentari, namun meninggalkanmu sendiri dalam kegelapan. Seorang sahabat adalah seseorang yang mengetahui tentang dirimu dan tetap menyukaimu. Persahabatan menandai kehidupan yang lebih dalam dari pada cinta. Cinta berisiko berubah menjadi obsesi, persahabatan tidak pernah ada tapi berbagi.

Sahabat sejati adalah orang yang dapat berkata benar kepada Anda, bukan orang yang selalu membenarkan perbuatan Anda. Hargailah satu sahabat sejatimu. Karena sesungguhnya satu sahabat sejati sangat berarti dibanding seribu teman pengkhianat. Sahabat sejati adalah mereka yang mampu membuat hal yang sederhana menjadi sesuatu yang membuatmu bahagia. Hal terindah dalam persahabatan adalah memahami dan dipahami. Saling mengerti tanpa ada rasa ingin menang sendiri. Sahabat ibarat tangan dan mata. Saat mata menangis, tangan mengusap. Saat tangan terluka, mata menangis.

Jadilah sahabat yang selalu memberi tanpa mengingat dan selalu menerima tanpa melupakan. Tidak ada sesuatu di dunia ini yang lebih berharga daripada sahabat sejati. Beberapa orang datang dan membuat cerita indah pada hidupmu, Namun kamu hampir tidak dapat mengingat seperti apa hidup itu tanpa adanya mereka, (sahabat). Sejatinya, Seorang Sahabat itu adalah dia yang tidak pernah membicarakan kejelekanmu di belakangmu. Seorang sahabat pasti tau mana senyum manismu dan mana senyum palsumu. Anugerah terindah adalah ketika kita masih di berikan waktu berkumpul bersama sahabat.

Duduk diam di samping sahabat yang terluka mungkin merupakan pemberian terbaik yang bisa kita berikan. Saya lebih suka berjalan dengan seorang teman dalam kegelapan, daripada sendirian di tempat yang terang. Sahabat terbaik dalam mengejar mimpi, teman terhebatku untuk tetap berdiri, kawan yang tepat untuk sharing hal-hal pencil. Sahabat terbaik adalah mereka yang bisa menunjukanmu pada jalan kebaikan. Sahabat sejati menangis saat kau pergi. Sahabat palsu pergi saat kau menangis.

Aku tidak butuh teman yang berubah saat aku berubah dan yang mengangguk saat aku mengangguk. Karena Bayanganku jauh lebih baik. Tidak ada hubungan yang lebih baik dari pada teman yang bijaksana dan setia. Mempunyai satu sahabat sejati lebih berharga dari seribu teman yang mementingkan diri sendiri. Orang bijak belajar lebih banyak dari musuh-musuhnya daripada yang dilakukan orang bodoh dari teman-temannya. Seorang teman baik tahu semua cerita terbaik Anda. Namun Seorang sahabat pernah ada di dalam cerita terbaik Anda.

Persahabatan itu unik. Ada waktu ketika kami beriring sejalan, tak jarang pula kami bersimpang dalam perbedaan. Satu yang pasti : Kami sahabat dalam perjuangan. Sahabat sejati adalah mereka yang tertawa bersama dalam kegembiraan dan ikut menangis dalam kesusahan. Seorang teman akan menceritakan yang tidak benar tentang dirimu. Tapi sahabat akan tutup mulut dengan kesalahanmu. Sahabat sejati adalah orang yang mengabaikan kegagalan Anda dan mentolerir kesuksesan Anda! Sahabat adalah mereka yang selalu mendukung apa yang kita lakukan. Selama itu baik. Dan menegur kita disaat kita mulai salah. Seorang teman adalah seseorang yang memberi Anda kebebasan total untuk menjadi diri sendiri.

Pada akhirnya, lebih mudah memahami kata-kata seorang musuh, daripada kesunyian seorang sahabat. Sahabat adalah mereka yang selalu memberikan senyum terbaik di wajahnya hanya tuk menghapus sedih di matamu. Sahabat itu mampu membuat kita berharga disaat orang lain tak bisa menghargai kita. Seorang teman setia menertawakan lelucon Anda saat yang lain tidak tertawa, dan bersimpati dengan masalah Anda saat yang lain seakan tidak peduli. Hanya beberapa orang dalam hidup yang membuat Anda tertawa sedikit lebih keras, tersenyum sedikit lebih lebar, dan hidup sedikit lebih baik.

Seorang teman sejati adalah seseorang yang melihat rasa sakit di mata Anda sementara orang lain percaya dengan senyum di wajah Anda. Seorang sahabat tidak akan menyembunyikan kesalahan untuk menghindari perselisihan, justru karena kepeduliannya ia memberanikan diri menegur apa adanya. Percayalah, bukan pengkhianatan yang akan mengakhirkan kita, namun pertemanan abadi yang akan menemani kita hingga akhir hayat. Berbincang-bincang dengan kawan lama membuatmu menyadari seberapa besar hidupmu telah berubah.

Sahabat terbaik tidak hanya menerima diri anda apa adanya, tetapi juga mendukung anda untuk menjadi yang seharusnya. Sahabat itu adalah orang yang akan TETAP membantumu berdiri meskipun seluruh dunia mau menjatuhkanmu. Seorang teman sejati adalah seseorang yang mengerti masa lalu Anda, percaya pada masa depan Anda, dan menerima apa adanya. Indahnya persahabatan adalah saat kita memberi tak mengharapkan balasan. Ada tawa saat dalam kesedihan. Sahabat yang baik adalah orang yang berkata benar, bukan orang yang hanya membenarkan kata-kata. Sahabat baik adalah sahabat yang berani berterus terang dan membetulkan kesalahan kita agar kita tidak hanyut dalam keburukan dan dosa.

Sahabat terbaik adalah seseorang yang membuat Anda tertawa meskipun Anda merasa tidak akan pernah tersenyum lagi. Seorang teman yang mengerti air matamu jauh lebih berharga daripada banyak teman yang hanya tahu senyumanmu. Sahabat sejati bukanlah mereka yang memiliki banyak persamaan, tapi mereka yang memiliki pengertian terhadap setiap perbedaan. Sahabat sejati adalah seseorang yang tetap berada di tempat Anda saat dia lebih suka berada di tempat yang lain. Sahabat selalu mencoba menghiburmu disaat kau sedih, walaupun dengan cara yang bodoh, hanya untuk melihat kau tertawa. Kelemahan diriku adalah kelebihan sahabatku, kelebihan dariku adalah bagian dari kehebatan sahabatku.

Sahabat bukan mereka yang menghampirimu ketika butuh, namun mereka yang tetap bersamamu ketika seluruh dunia menjauh. Persahabatan tidak perlu saling mengerti. Karena sahabat akan saling menerima hal yang tak bisa dimengerti. Menurutku pujian terbaik yang pernah kudapat adalah ketika seorang sahabat bertanya tentang pendapatku dan memperhatikan semua jawabanku. Sahabat tidak pernah membungkus pukulan dengan ciuman, tetapi menyatakan apa yang amat menyakitkan dengan tujuan sahabatnya mau berubah. Ada kalanya seseorang harus angkat bicara ketika impian sahabatnya ditertawakan. Bersedih dengan orang yang tepat lebih baik daripada berbahagia dengan orang yang salah. Bijaklah dalam memilih sahabat.

Sahabat yang memiliki rasa kepedulian tak akan pernah mengenal waktu, keadaan, dan kondisi tatkala membantu kita, karena sahabat selalu ada ketika kita suka dan duka. Sahabat adalah seseorang yang selalu ada ketika kita ingin berbagi cerita, memberikan perhatian ketika kita membutuhkan. Hanya karena kamu kini berada di tempat lain dan temukan teman baru, bukan berarti kamu bisa melupakan sahabat lamamu. Carilah sahabat yang setia dalam duka. Bukan dalam suka, karena hidupmu sentiasa berputar-putar antara suka dan duka.

Jangan berjalan di belakangku, karena aku tidak akan memimpinmu. Jangan berjalan di depanku, karena aku tidak akan mengikutimu. Berjalanlah di sampingku, jadilah temanku, dan berjuanglah bersamaku.Jika sahabatmu bersedih, engkau akan ikut bersedih meskipun hatimu sedang berbahagia. Dan saat sahabatmu terlihat bahagia, engkau akan ikut bahagia meskipun tadinya anda sedang bersedih. Jika orang lain menjauh, aku akan tetap disampingmu. Saat orang lain tertawa melihatmu jatuh, aku akan membantumu berdiri. Karena aku tahu, kamulah sahabat terbaikku.

 

Ikuti tulisan menarik Rizki Hizlia Harfani 2001111430 lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler