x

Iklan

Moh Afdhal

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Oktober 2021

Minggu, 14 November 2021 16:10 WIB

Menerapkan Hidup dengan Pancasila Sebagai Kepribadian Bbangsa

Setiap warga negara sangat penting memahami penerapan Pancasila sebagai kepribadian bangsa dalam kehidupan. Sebab, jika tidak mengetahui penerapannya akan menimbulkan hal yang negatif bagi bangsa

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sebelum menerapkannya lebih baik kita memahami arti kepribadian bangsa itu sendiri.

Kepribadian adalah orientasi sifat yang berbeda dalam diri seseorang ketika menghadapi kondisi tertentu. Sedangkan bangsa adalah kumpulan masyarakat yang memiliki keterikatan dan saling berhubungan untuk mencapai tujuan bersama. Dalam artian pancasila sebagai kepribadian bangsa adalah perwujudan dari nilai-nilai budaya bangsa yang diyakini kebenaran dan kebaikannya.

Dan fungsi Pancasila sebagai kepribadian bangsa itu sendiri adalah menunjukkan jati diri bangsa sebagaimana adanya. Jati diri merupakan ciri khas yang menandai seseorang, sekelompok orang, atau suatu bangsa. Jika ciri khas itu menjadi milik bersama suatu bangsa, hal itu tentu menjadi penanda jati diri bangsa tersebut.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Cara menerapkannya dengan menunjukkan jati diri bangsa sebagaimana adanya. Jati diri tersebut tentu harus disesuaikan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam tiap butir Pancasila. Oleh karenanya, setiap warga negara harus memahami penerapan Pancasila sebagai kepribadian bangsa.

Ikuti tulisan menarik Moh Afdhal lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu