CFC, Peranannya dalam Kehidupan Sehari-hari serta Dampak Pemakaiannya. - Analisis - www.indonesiana.id
x

Ijayanti Pardosi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 25 November 2021

Sabtu, 27 November 2021 06:03 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • CFC, Peranannya dalam Kehidupan Sehari-hari serta Dampak Pemakaiannya.

    Artikel ini membahas tetang CFC (Chlorofluorocarbon) dalam kehidupan sehari-hari. penulis artikel ini merupakan salah satu mahasiswi Chemistry Education Study Program 2020(CESP20) di Universitas Negeri Medan , yaitu Mahasiswa yang bernama Ijayanti Pardosi.

    Dibaca : 3.126 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Apasih Itu CFC Dan Seberapa Bahaya Sih CFC Bagi Kehidupan Sehari-Hari?

    Halo temann semuaaaa… tau ga sih apa itu CFC dan apa kaitannya terhadap kehidupan kita?

    Nahh… pasti masih banyak yang bingung ya apa itu CFC? Jadi untuk tau dan bahas penerapanini yuk simak artikel ini sama-sama:)

    Apasih CFC itu?

    Dalam Kehidupan kita sehari-hari, sering kali kita berkaitan dan dekat dengan CFC. CFC atau Chlorofluorocarbon merupakan senyawa yang didalam atom karbonnya klorin dan juga fluorin. Dimana CFC ini memiliki sifat zat yang tidak mudah terbakar dan juga dapat bersifat beracun (toxic) Berdasarkan wujudnya Chlorofluorocarbon ini berwujud gas.

    Penerapan CFC dalam kehidupan sehari-hari.

    Dan apa sih kaitan CFC dengan kehidupan kita?, apa sebenarnya kegunaan CFC ini? Dan bagaimana dampak penggunaannya terhadap lingkungan dan alam? Yuk kita bahas!

     Jadi CFC ini sering kali digunakan dalam alat-alat elektronik yang berada disekitar kita, berikut beberapa contoh penerapannya.

    1. Pada AC (Air Conditioner).

    Pada AC atau pendingin udara merupakan salah satu alat elektronik yang menggunakan CFC. CFC digunakan sebagai bahan yang aktif dalam instalasi AC kita sering mendengarnya dengan sebutan Freon AC yang berfungsi sebagai pendingin. Prinsip AC ini juga diproses dengan Siklus Karnot menurut Hukum Termodinamika II.

    1. Pada mesin pendingin Kulkas (Refrigerator).

    Pada kulkas atau mesin pendingin, CFC digunakan sebagai pendingin, alat ini yang dilekatkan didalam kulkas dan berfungsi sebagai indikator didalam  kulkas. Yang nantinya akan diproses menurut Siklus Karnot yang berdasarkan hukum Termodinamika II.

    1. Bahan aktif pemadam kebakaran.

    Pada bahan ini CFC digunakan untuk pemadam kebakaran karena sifat dari CFC yang dapat menyembur dan tingkat suhu nya yang rendah sehingga dapat memadamkan api.

    1. Bahan pelarut.

    CFC juga digunakan pada kilang elektronik yaitu pada bahan pelarut yang dibuat untuk bahan pembersih dan berguna untuk mengeringkan minyak.

    1. Proses pembuatan plastik.

    CFC digunakan  sebagai blowing agent dalam proses pembuatan foam (busa), sebagai cairan pembersih (solvent) bahan aktif untuk pemadam kebakaran, bahan aktif untuk fumigasi di pergudangan, pra-pengapalan, dan produk-produk  pertanian dan kehutanan.

    1. Bahan dorong

    CFC digunakan bahan dorong dalam penyembur (aerosol). contohnya dalam pemakaian kaleng semprot pengharum ruangan , penyemprot rambut dan lain-lain.

    Berikut adalah beberapa penerapan dan penggunaan CFC dalam kehidupan sehari-hari, dan mungkin masih ada beberapa penerapanlainnya.

    Nah.. jadi setelah kita tau fungsi dan penerapanCFC sekarang kenapa sih CFC itu berbahaya sedangkan kita lihat sangat banyak penerapandalam kehidupan?

    Bahaya penggunaan CFC

    CFC (Chlorofluorocarbon) yang pada umumnya digunakan yaitu CFC-11 (Trichloromonofluoromethane atau freon 11) dan CFC-12 (Dichlorodifluoromethane) ini diketahui dapat merusak lapisan ozon dimana seperti yang kita ketahui bahwa lapisan Ozon (O3) yang merupakan molekul yang terdiri dari tiga atom oksigen yang berbentuk pada suhu kamar, dimana Ozon merupakan bahan yang beracun , gas ini bersifat reaktif yang biasa digunakan bahan pemucat (bleaching) , penghilang bau dan strelisasi.

    Nah jadi dengan adanya Ozon di bumi ini , Tuhan juga menciptakan lapisan Ozon di atmosfer yang melindungi kehidupan di bumi. Lapisan ozon inilah yang  melindungi bumi dari radiasi yang berasal dari sinar ultarviolet yang diketahui jika terlalu banyak kita serap menghasilkan kanker dalam tubuh.

    Tetapi diperkirakan mulai tahun 1970-an lapisan ozon yang ada di atmosfer mulai menipis dan salah satu penyebabnya adalah pemakaian CFC, dimana pada lapisan atmosfer yang tinggi, CFC dapat menghasilkan radikal bebas yang juga dapat merusaka lapisan ozon yaitu radikal klorin jika sebuah ikatan C-Cl dalam CFC terputus.  

    Radikal klorin yang terputus tadi dapat bereaksi dan merusak ozon, dimana radikal tadi mampu merusak 100.000 molekul dalam ozon.

    CFC juga dapat menyebabkan pemanasan global. Salah Satu molekul CFC yaitu CFC-11 memiliki potensi yang menyebabkan pemanasan global jauh lebih besar dari karbondioksida. Efek rumah kaca yang mengganggu lapisan ozon dapat terjadi akibat CFC. Jika hal ini terus menerus dilanjutkan tentunya dalam jangka waktu yang cukup lama mengakibatkan Ozon semakin bertambah dan semakin rusaknya lapisan ozon yang menjaddi pelindung bumi kita dari radiasi ultraviolet matahari, yang dapat menyebabkan penyakit kanker kulit, merusak tanaman dan berbagai kerusakan dan masalah lainnya.

    Melihat hal-hal diatas dapat kita ambil kesimpulan bahwa penggunaan CFC ini tidak ramah ( merusak ) terhadap lingkungan dan juga berbahaya bagi kehidupan.

    Jika kita terus menggunakannya dalam kehidupan sama saja dengan kita mempercepat kerusakan bumi kita. Oleh sebab itu, kita perlu memperbaiki dan mengantisipasi tindakan-tindakan yang dapat meningkatkan kandungan CFC di atmosfer.

    Langkah mengurangi efek dari pemakaian CFC

    Jadi beberapa langkah yang telah dilakukan untuk mengurangi pemakaian CFC adalah dengan adanya diciptakan kulkas (refrigerator), AC dan alat lainnya  yang non-CFC. Dengan adanya alat ini diharapkan pemakaian CFC ini dapat berkurang dan semakin ramah lingkungan.

    Selain itu, cara atau langkah yang dapat kita lakukan untuk membantu mengurangi emisi (penggunaan) gas ChloroFluoroCarbon (CFC) ini yaitu:

    1. Menggunakan kendaraan umum jika ingin menuju suatu tempat.
    2. Mengurangi penggunaan kendaraan  pribadi.
    3. Menghemat penggunaan listrik.
    4. Mengurangi penebangan hutan yang mengakibatkan gundulnya hutan
    5. Serta melakukan reboisasi (penanaman kembali) terhadadp hutan yang rusak dan gundul

    Dan juga masih banyak cara yang dapat kita lakukan sehinggan bumi kita semakin membaik. Terutama kepada kita sleuruh masa depan bangsa , Marilah dengan bijak dan bersama-sama melindungi lingkungan dan bumi kita.

    Terimakasih banyak:’)

    Ikuti tulisan menarik Ijayanti Pardosi lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.