x

Iklan

Siti Fadilah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 Januari 2022

Selasa, 25 Januari 2022 13:23 WIB

Tip Mengatasi Rasa Malas Gerak untuk Jadi Anak Muda Hebat

Salah satu alasan mengapa diri kita malas adalah karena kita menganggap bahwa malas itu sebagai hal yang lumrah. Kita beranggapan, semua orang di dunia juga pasti mengalami dan merasakanya. Kendati demikian, rasa malas tidak akan menjadi lumrah bila kita terlalu memanjakanya dan tidak melakukan apapun untuk untuk melawanya. Jika di biarkan justru ia akan mendatangkan banyak penyelesan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Salah satu alasan mengapa diri kita malas adalah karena kita menganggap bahwa malas itu sebagai hal yang lumrah. Kita beranggapan, semua orang di dunia juga pasti mengalami dan merasakanya. Kendati demikian, rasa malas tidak akan menjadi lumrah bila kita terlalu memanjakanya dan tidak melakukan apapun untuk untuk melawanya. Jika di biarkan justru ia akan mendatangkan banyak penyelesan. 

  Rasa malas gerak di sebut dengan gaya hidup Sendentary, gaya hidup Sendentary, adalah pola perilaku manusia atau kebiasaan manusia yang minim melakukan aktivitas gerak atau malas gerak. Meski cenderung nyaman ketika sedang malas, namun percayalah rasa malas itu tidak akan bertahan lama. Malas gerak salah satu penyebab kematian di dunia, pada dasarnya tubuh manusia di desain oleh Allah untuk terus aktif dan bergerak. Itulah mengapa kita akan merasa lelah meskipun tidak melakukan aktivitas berat. Seperti halnya duduk berjam-jam menonton Televisi, karena otot kita melakukan banyak pekerjaan, bahkan ketika tubuh kita tidak bergerak, serabut otot akan terus berkontraksi dan meregang. Itulah mengapa kita sering merasa pegal walaupun kita tidak melakukan aktivitas yang berat. Itulah sedikit bukti bahwa tubuh kita di rancang oleh Allah untuk aktif bergerak. jadi rasa malas bukanlah tindakan yang meyenangkan. 

   Berikut Tips Mengatasi Rasa Malas Gerak : 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pertama, Doa’ menghilangkan rasa malas, tak bisa di pungkiri bahwa Allah yang berkuasa terhadap diri kita, Dia-lah yang berkuasa membolak balikan hati kita, Dia-lah yang menjadikan kita semangat atau malas, namun kewajiban kita adalah berusaha dan Doa’ yang di panjatkan:                  

Yang Artinya : ”Ya Allah ya tuhan kami, sesungguhnya aku berlindung kepadamu dari keluh kesah dan duka cita, aku berlindung kepadamu dari lemah dan kemauan malas, Aku berlindung kepadamu dari sifat pengecut dan kikir, aku berlindung kepadamu dari tekanan hutang dan kezaliman manusia.” (Hr. Abu Dawud 4/353).

Kedua Buat Target, buatlah target sesuai dengan kemampuan anda, dengan adanya target yang anda buat, dengan demikian akan merasa lebih beremangat giat dalam melakukan segala hal. 

Ketiga, Olahraga dan pola hidup sehat, malas juga di sebabkan kurangnya nutrisi tubuh. Jika nutrisi kurang, pasti akan merasa bahwa tubuh anda lemas dan malas melakukan apapun, cara mengatasi hal tersebut adalah dengan cara berolahraga dan pola hidup sehat. Dengan demikian tubuh akan selalu bersemangat dalam melakukan suatu hal pekerjaan apapun. 

Keempat, Buatlah daftar buatlah daftar apa saja yang anda lakukan mulai bangun tidur hingga sebelum tidur. Pasti anda akan berusaha untuk melaksanakanya Dengan pembuatan daftar yang anda buat. Dan agar semua daftar terlaksana semuanya. 

Kelima, Hadiahi diri sendiri, Jika semua target dan semua daftar juga terlaksana semuanya dapat terpenuhi jangan ragu untuk menghadiahi diri sendiri, tidak perlu hadiah yang mewah, yang kecil saja cukup, karena dengan menghadiahi diri sendiri maka secara psikologis dapat membuat diri anda melawan rasa malas yang ada di dalam tubuh anda. 

Keenam, Memotivasi diri sendiri, usahakan untuk memotivasi diri anda sendiri, tanamkan pada diri anda, anda bukanlah orang yang pemalas, dan malas akan merusak hal yang ada pada diri anda. Dengan melakukan memotivasi ini maka tubuh anda akan otomatis akan memberikan perlawanan jika anda melakukan hal yang bersifat malas. 

Ketujuh, Jangan menunda, jangan menunda suatu hal, cobalah untuk melakukanya sekarang juga, menunda sebenarnya justru akan membuat beban anda lebih berat, usahkan untuk melakukan tugas ataupun hal yang sekecil apapun. Jika anda sudah terbiasa melakukan suatu hal langsung atau dengan kata lain tidak menundanya niscaya akan terhindar dari rasa malas. 

Kedelapan, Ingatlah dan fokus pada diri anda, saya yakin semua orang pasti memiliki tujuan yang ingin di capai di masa yang akan datang, maka senantiasa ingat-ingatlah dan fokus pada tujuan tersebut. Jika perlu tulislah tujuan anda di tempel di depan meja belajar anda, supaya kita selalu ingat dan ketika rasa malas datang, bisa menjadi pegangan untuk menjadi bersemangat.

Malas Gerak  merupakan penyakit yang berbahaya di dunia, maka dari itu sebagai generasi muda untuk bisa mengatasi rasa malas gerak, agar impian yang kita inginkan tercapai. 

Referensi :

Meilina Astariah, 2020, Sudahkah Hidupku Berguna? , Jakarta : PT Elex media Komputindo.

https://bangka.tribunnews.com/2016/04/08/10-tips-cara-menghilangkan-rasa-malas-yang-berlebihan

https://psikologihore.com/hore.com/cara-mengalahkan-rasa-malas

https://abimuh.blogspot.com/2019/11/penyebab-dan-tips-cara-menghilangkan-rasa-malas-belajar-yang-berlebihan-menurut-islam.html?m=1

https://islam.nu.or.id/post/read/88800/doa-menghilangkan-rasa-malas

 

 

Ikuti tulisan menarik Siti Fadilah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler