x

Iklan

sapar doang

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 April 2020

Selasa, 5 April 2022 19:40 WIB

Baznas Pasaman Mengadakan Pelatihan Tanggap Bencana

" Baznas Tanggap Bencana merupakan Unit khusus dari Badan Amil Zakat Nasional ( BAZNAS) yang menangani perihal penanganan Kebencanaan"

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Oleh: Saparuddin, Staf Baznas Kabupaten Pasaman

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupatan Pasaman menggelar pelatihan program bencana melalui Baznas Tanggap Bencana (BTB) Kabupaten Pasaman, sebagai salah satu tim relawan kemanusiaan dibidang kebencanaan tidak terlepas dari peran membantu operasi penyelamatan dan pencarian korban bencana. Berbagai medan di darat maupun di air harus siap dihadapi oleh tim Baznas Tanggap Bencana, Rabu 30 Maret 2022 di Kantor BAZNAS Kabupaten Pasaman.

Dalam agenda pelatihan Baznas Tanggap Bencana (BTB) Kabupaten Pasaman di hadiri Wakil II Deni Fadly, S.Sos dan Waka IV Irfan Malin Mudo, S.sos  Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupatan Pasaman.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

BAZNAS TANGGAP BENCANA (BTB) adalah unit kerja dari bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan BAZNAS yang bertugas mengurangi dampak bencana yang mengakibatkan kemiskinan dan menekan resiko keterparahan kemiskinan akibat bencana.

Waka IV Baznas Kabupaten Pasaman Irfan Malin Mudo, S.sos Mengatakan” BTB bertujuan meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang Pengurangan Resiko Bencana (PRB) melalui edukasi; menangani korban bencana melalui tahapan Rescue, Relief, Recovery, Recontruction; serta menumbuhkan jiwa kerelawanan di masyarakat, menguatkan kapasitas dan membangun jaringan Relawan. Hal ini tentu saja membutuhkan kemampuan dan keterampilan khusus yang tidak main-main mengingat operasi penyelamatan yang dilakukan seringkali mempertaruhkan nyawa korban yang diselamatkan maupun nyawa tim penyelamat itu sendiri. Oleh karena itu, kemampuan dan keterampilan penyelamatan harus terus dilatih secara rutin”

Dalam rangka meningkatkan kemampuan penyelamatan tersebut, maka tim Baznas Tanggap Bencana Kabupatan Pasaman mengadakan pelatihan. Salah satunya adalah pelatihan penyelamatan kebakaran dan Relawan bencana dan Gempa bumi seperti yang baru ini yang dilakukan Baznas Tanggap Bencana Kabupatan Pasaman yang terjadi di Nagari Malampah Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman dengan mendirikan dapur Umum dan Survey Huntara bagi masyrakat yang terdampak bencana gempa bumi.

Ikuti tulisan menarik sapar doang lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu