x

Iklan

Dian Nur Azizah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 12 Juli 2022

Selasa, 20 Desember 2022 06:30 WIB

Mendongeng Cerita Rakyat sebagai Bentuk Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan salah satu kegiatan positif yang dilakukan oleh mahasiswa Sastra Indonesia Universitas Pamulang sebagai kegiatan pengganti Kuliah Kerja Nyata (KKN). Sehubungan dengan hal tersebut, salah satu kegiatan PKM yang dilakukan adalah pengenalan cerita rakyat pada murid TK Fajar dengan metode mendongeng dan visual. Pelaksanaan PKM dilakukan pada tanggal 06 Oktober 2021 bertempat TK Fajar, Kelurahan Gandaria Utara, Kec. Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan salah satu kegiatan positif yang dilakukan oleh mahasiswa Sastra Indonesia Universitas Pamulang sebagai kegiatan pengganti Kuliah Kerja Nyata (KKN). Sehubungan dengan hal tersebut, salah satu kegiatan PKM yang dilakukan adalah pengenalan cerita rakyat pada murid TK Fajar dengan metode mendongeng dan visual. Pelaksanaan PKM dilakukan pada tanggal 06 Oktober 2021 bertempat TK Fajar, Kelurahan Gandaria Utara, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

Kegiatan yang dilakukan oleh lima mahasiswa Fakultas Sastra Indonesia Universitas Pamulang melibatkan 20 murid dari TK Fajar yang dibagi atas dua kelas yaitu, kelas TK A dengan usia 5 tahun kebawah dengan peserta 10 anak dilakukan pada sesi pertama dan kelas TK B dengan usia 6 tahun kebawah dengan peserta 10 anak dilakukan pada sesi kedua. Penyampaian materi dilakukan dengan menonton video dan didongengkan langsung oleh salah satu perwakilan mahasiswa. Pada acara pertama dimulai dengan sesi mendongeng cerita rakyat Maling Kundang dan sesi kedua dengan cerita rakyat Batu Menangis. Setelah sesi mendongeng acara dilanjutkan dengan sesi Ice Break dan sesi tanya jawab terkait dengan materi yang disampaikan tujuannya adalah agar acara PKM tidak terkesan membosankan.

Kegiatan ini mendapat respon positif dari murid TK Fajar, hal ini dibuktikan dengan antusiasme mereka yang tinggi terhadap cerita yang dibawakan oleh perwakilan mahasiswa. Salah satu alasannya banyak diantara mereka yang belum pernah mendengar dan dikenalkan cerita rakyat yang disampaikan. Keberhasilan kegiatan ini tidak lepas dari kerja keras rekan mahasiswa yang mampu menciptakan suasana yang sesuai dengan isi cerita yang dibawakan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sehingga melalui kegiatan PKM seperti ini diharapkan mampu memaksimalkan proses belajar mengajar pada anak usia dini. Selain dapat mengenalkan cerita rakyat kepada anak diusia dini, kegiatan ini juga diharapkan mampu memberikan pembelajaran moral yang terdapat pada cerita rakyat yang disampaikan.

Ikuti tulisan menarik Dian Nur Azizah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu