x

Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji ketika mengajar mahasiswa di Laboratorium/Foto : Dokpri

Iklan

Ruang Dakwah Medis Indonesia

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 Maret 2023

Kamis, 15 Juni 2023 15:06 WIB

Manfaat Tidur Tanpa Bantal Untuk Kesehatan

Manfaat Tidur Tanpa Bantal Untuk Kesehatan

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Solo – Tidur merupakan kebutuhan dasar manusia yang termasuk dalam indikator fisiologis. Artinya fisiologis adalah dimana tidur merupakan kebutuhan wajib bagi manusia dan untuk tubuh manusia itu sendiri, apabila kebutuhan tersebut tidak dipenuhi ataupun kurang maka akan mengganggu kesehatan manusia. Tidur merupakan salah satu kegiatan relaksasi dibawah alam sadar dimana proses tersebut meregenerasi sel – sel yang sudah rusak serta mengembalikan kebugaran, kesehatan dan sistem imune untuk restrat komponen tubuh seperti sedia kala.

            Untuk membuat tidur menjadi lebih nyaman orang banyak menggunakan alat bantu tidur seperti kasur, bantal, guling selimut dll. Salah satu fungsi pemberian alat bantu tidur tersebut adalah memberikan kenyamanan pada manusia supaya tidur lebih nyaman serta tidur lebih berkwalitas. Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan Prima Trisna Aji tahun 2023 menyatakan bahwa mayoritas Penduduk dinegara Indonesia mayoritas menggunakan bantal untuk alat bantu kenyamanan tidur.

            Bahkan ada juga orang yang tidur dengan bantal hingga bantal tersebut ditumpuk hingga sangat tinggi. Kemudian ada juga orang yang memiliki kebiasaan apabila tidur tidak dengan menggunakan guling maka tidak bisa tidur. Yang perlu diketahui bahwa kebiasaan salah tidur atau terlalu banyak bantal yang terlalu tinggi menyebabkan nyeri hebat pada area leher karena salah urat. Maka dari itu pemberian bantal ketika tidur yang sangat tinggi hingga menekuk leher sangat tidak dianjurkan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

            Bagi warga Indonesia apabila tidur tidak menggunakan bantal merupakan kebiasaan yang aneh. Tapi perlu diketahui juga bahwa ternyata tidur tanpa bantal juga memiliki dampak baik bagi kesehatan tubuh manusia. Manfaat tidur tanpa bantal bagi kesehatan antara lain : mengurangi ketegangan otot dan mencegah nyeri leher, menjaga posisi leher dan punggung tetap lurus ketika tidur sehingga mencegah resiko terjadinya nyeri punggung dan mencegah timbulnya keriput karena bantal yang menekan wajah diketahui bisa mempercepat pembentukan keriput.

            Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji menyampaikan meskipun tidur tanpa bantal baik bagi kesehatan, tetapi ada tips dimana kalian masih bisa tidur tanpa bantal tetapi bisa memakai bantal disekitar untuk membuat kenyamanan ketika tidur. Untuk tidur tengkurap maka taruhlah bantal dibawah perut dan pinggul. Dan untuk posisi tidur ketika terlentang bisa menaruh bantal dibawah lutut.

            Tetapi hal yang harus diingat adalah meskipun tidur tanpa bantal baik bagi kesehatan tetapi jangan sampai tidur tanpa bantal akan membuat masalah baru lagi sehingga membuat masalah gangguan pola tidur itu sendiri. Contohnya ketika mencoba tidur tanpa bantal jadi tidak bisa tidur hingga subuh. Maka hal itu harus dihindari dikarenakan akan mengganggu masalah kesehatan itu sendiri. *Red

Ikuti tulisan menarik Ruang Dakwah Medis Indonesia lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu