Skill dan Prospek Jurusan Sistem Informasi Akuntansi

Jumat, 21 Juni 2024 16:58 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sistem informasi akuntansi (SIA) adalah jurusan yang mempelajari dua bidang ilmu yaitu informasi dan akuntansi

Prospek adalah salah satu faktor yang menentukan calon mahasiswa dalam menentukan jurusan kuliahnya. Salah satu jurusan yang memiliki prospek yang bagus adalah sistem informasi akuntansi (SIA).

Kalau kamu belum familiar dengan jurusan ini, yuk ikuti pembahasan ini agar kamu tahu skill dan prospek jurusan sistem informasi akuntansi.

Apa Itu Sistem Informasi Akuntansi?

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sistem informasi akuntansi (SIA) adalah jurusan yang mempelajari dua bidang ilmu yaitu informasi dan akuntansi. Inti dari jurusan ini adalah mengetahui bagaimana caranya memanfaatkan teknologi informasi untuk mengumpulkan, menyimpan, dan mengelola data akuntansi.

Skill yang Harus Kamu Kuasai di Sistem Informasi Akuntansi

Ilmu komputer

Skill pertama adalah ilmu komputer. Kamu harus menguasai berbagai keterampilan seperti Microsoft, presentasi, dan spreadsheet. Selain itu, jangan lupa untuk mempelajari software yang berhubungan dengan akuntansi.

Analisis data

Karena jurusan ini berhubungan dengan data, tentu kemampuan analisis data juga harus kamu kuasai. Skill ini akan membantumu dalam pengambilan keputusan yang nantinya juga berpengaruh dalam pengambilan kebijakan.

Komunikasi

Kemampuan komunikasi sangat kamu perlukan untuk mengkomunikasikan hasil analisis datamu kepada rekan kerja hingga atasan.

Berpikir logis dan sistematis

Berpikir logis dan sistematis adalah skill yang harus kamu punya untuk menyelesaikan masalah yang mungkin terjadi saat bekerja. Selain itu, keputusan yang diambil secara logis akan memberikan hasil yang lebih baik.

Administrasi dan keuangan

Seorang mahasiswa dari jurusan sistem informasi akuntansi wajib untuk menguasai ilmu keuangan dan administrasi untuk mengelola keuangan.

Memecahkan masalah

Problem solving adalah skill yang akan membantumu dalam memecahkan masalah dan mencari solusi atas permasalahan yang terjadi saat bekerja. Skill ini juga akan ditopang oleh skill lain seperti berpikir logis dan komunikasi.

Prospek Sistem Informasi Akuntansi

  • Analisis keuangan
  • Manajer produk
  • Analisis forensik
  • Manajemen data dan informasi
  • Pengembang software

Bagikan Artikel Ini
img-content
Febrian Whello

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
img-content
Lihat semua