x

Lilin-lilin dinyalakan membentuk angka 10 dalam aksi LBH Makassar mengenang 10 tahun tewasnya aktivis HAM, Munir di depan Monumen Mandala, Makassar, Sulsel, 7 September 2014. Dalam aksi tersebut mereka mendesak pemerintahan Jokowi-JK untuk tuntaskan

Iklan

Topik Irawan

Fulltime Blogger
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Siapa Pembunuh Munir?

Kasus Munir

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sering melihat seseorang mengenakan kaus dengan gambar Munir, dan ada tulisan di kaus tersebut dengan tag "Dibunuh Karena Benar". Ya kasus pembunuhan Munir yang terjadi 7 September 2004 masih dipenuhi misteri, kematian penggiat HAM tanah air sepertinya tersaput awan tebal.

Siapakah aktor sesungguhnya yang membunuh pria kelahiran  8 Desember 1965, menurut putusan Mahkamah Agung bahwa Pollycarpus adalah orang di balik kematian tak wajar suami dari Suciwati ini, dan Pollycarpus pun didakwa hukuman 14 tahun penjara, namun hari ini Pollycarpus dibebaskan setelah menjalani hukuman 8 tahun.

Dalam sebuah running teks tivi, tertulis bahwa Pollycarpus bebas dan ia tak mengakui telah membunuh Munir. Pembebasan Pollycarpus pun seolah menambah daftar misteri kematian Munir. Selama hampir satu dekade ternyata kematian seorang aktifis HAM seakan mengalami jalan buntu pengungkapan siapakah dalang yang membuat Munir harus meregang nyawa.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dibutuhkan kerja keras aparat agar kematian Munir bisa terungkap dengan seterang terangnya, namun kini harapan untuk menemukan biang dari semua masalah ini seolah membentur tembok tebal, jalan panjang pengungkapan tewasnya Munir saat dalam perjalanan menuju Belanda seolah menjadi X Files, tak bisa dibuktikan dengan fakta hukum, entah apakah Pollycarpus dalam hal ini tidak berbohong, dan ia mungkin bagian yang harus dikorbankan, seakan pembunuh aslinya tidak diketahui.

Jalan kebenaran akan menemukan jalannya, semoga tragedi pembunuhan Munir bisa benar benar benderang sehingga kita tahu kenapa mereka menghabisi Munir, kita tunggu episode berikutnya, yakinlah kebenaran akan segera tiba walau entah sampai kapan.

Ikuti tulisan menarik Topik Irawan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler