x

Kinnauri berasal dari kabupaten Kinnaur di Himachal Pradesh, India. Dalam pernikahan tradisional Kinnauri, pengantin wanita memakai ornamen emas dan perak yang berat, serta karangan bunga buatan tangan yang terbuat dari buah-buahan kering. Pengantin

Iklan

Diaz Setia

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Seberapa Penting Mengunjungi Wedding Exhibition?

Wedding Exhibition bukan lagi jadi istilah yang asing bagi penghuni kota-kota besar, atau minimal penduduk pinggiran kota besar.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Wedding Exhibition bukan lagi jadi istilah yang asing bagi penghuni kota-kota besar, atau minimal penduduk pinggiran kota besar. Meski beberapa penyelenggara Wedding Exhibition telah mengukuhkan event tersebut sebagai annual event, tetapi bagi sebagian orang--baik yang sedang merencakan pernikahan ataupun yang masih jauh dari rencana pernikahan--urgensi untuk datang ke Wedding Exhibition masih dipertanyakan. Dan menjadi bagi saya untuk menggali ini lebih jauh, sekedar menanyakan pendapat mengenai seberapa pentingnya datang ke Wedding Exhibition. Dengan mengambil sampel beberapa teman yang saya tahu sedang merencanakan pernikahan dalam waktu dekat, saya menyimpulkan beberapa hal yang sedikit mengubah pandangan saya soal Wedding Exhibition.

 

Pro dan Kontra

Sebagian teman menyetujui bahwa datang ke Wedding Exhibition merupakan syarat mutlak yang tidak bisa dicoret dari daftar perencaan menikah. Menurut mereka yang pro, seseorang yang sudah memutuskan segera menikah, sebaiknya mengunjungi Wedding Exhibition minimal satu kali. Sebaliknya, sebagian lagi menganggap sama sekali tidak tertarik mengunjungi Wedding Exhibition. Secara garis besar mereka yang kontra terhadap Wedding Exhibition menganggap bahwa pesta bukanlah menjadi prioritas sakral pernikahan. Calon pengantin mungkin memang tidak menghendaki adanya pesta, tetapi pernikahan merupakan perkawinan dua keluarga besar. Bukan cuma mengawinkan dua orang. Terkadang tuntutan untuk berpesta justru datang dari keluarga besar masing-masing mempelai. Yups,ternyata konsep dan prinsip pernikahan pun tidak bisa begitu saja menjadi konsep dan prinsip personal calon pengantin.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Mengapa Menjadi Penting?

Sedikitnya saya mencatat lima point ini yang membuat Wedding Exhibition menjadi penting:

 

1. Efisiensi Waktu dan Tenaga untuk Multisourcing Vendor

Berkumpulnya vendor-vendor jasa pernikahan, dalam sekali kunjungan calon pengantin bisa mendapatan  informasi sebanyak-banyaknya. Efisiensi waktu dan tenaga untuk multisourcing vendor, apalagi bagi pasangan  yang hanya memiliki sedikit waktu untuk mempersiapkan pernikahan. Kesempatan mengumpulkan informasi mengenai vendor sebanyak-banyaknya dapat dimanfaatkan dalam sekali kunjungan ke Wedding Exhibition. Meski ada beberapa orang yang masih mengandalkan koneksi keluarga dan teman dekat saja untuk mengumpulkan pilhan vendor ketimbang harus berkunjung ke Wedding Exhibition

 

2. Mengenal Kebutuhan dan Harga (Pricing)

Bagi pasangan yang baru pertama kali menikah (dan memang semua orang pun berharap pernikahan hanya sekali seumur hidup), atau yang belum pernah punya pengalaman menikahkan orang (misalnya menjadi panitia pernikahan), maka segala yang dibutuhkan dalam pesta pernikahan menjadi hal yang asing. Apalagi terkait harga-harga. Mengunjungi Wedding Exhibition, akan membuka pengetahuan calon pengantin terhadap apa-apa saja yang dibutuhkan dalam merencanakan pernikahan. Sekaligus dapat mengetahui patokan harga (pricing)  masing-masing kebutuhan.

 

 3. Merencanakan Acara Sesuai Budget atau Membudgetkan Sesuai Rencana

Impian mengenai pernikahan idaman sering kali berkelebat di benak calon pengantin. Ingin seperti ini, ingin seperti itu. Belum lagi ditambah dengan ekspektasi keluarga besar. Namun menwujudkan pesta pernikahan yang seperti apa akan kembali kepada pilihan calon pengantin. Akan menyesuaikan konsep acara sesuai ketersediaan budget, atau sebaliknya? Membudgetkan sesuai konsep impian? Dengan datang ke Wedding Exhibition lagi-lagi akan membantu calon pengantin untuk mengetahui gambaran kebutuhan budget untuk pesta yang direncanakan maupun gambaran tentang pesta seperti apa yang bisa diwujudkan dengan ketersediaan budget yang ada.

 

4. Berburu Promo dan Doorprize

Vendor-vendor jasa pernikahan yang tergabung di dalam Wedding Exhibition biasanya memberikan promosi khusus kepada pengunjung. Promo dapat berupa diskon (potongan harga), atau pun berupa bonus pelayanan. Seringkali, beberapa vendor memberlakukan promosi bagi pengunjung yang membayar DP (downpayment) di tempat. Jadi bagi pasangan yang sudah benar-benar tiba di gerbang pernikahan dan berencana berburu promo di Wedding Exhibition sebaiknya sekaligus mempersiapkan uang untuk DP, ya. Selain paket promo yang disediakan oleh vendor, Wedding Exhibition juga bertabur doorprize untuk pengunjung.

 

5. Menggali Ilmu di Talkshow Keren

Beberapa penyelenggara Wedding Exhibition tidak sebatas sebagai ajang pameran vendor pernikahan saja. Talkshow-talkshow dengan tema-tema pernikahan bahkan dengan tema bisnis pernikahan seringkali disisipkan dalam event tsb. Seperti contohnya dalam acara “2nd Bekasi Wedding Exhibition , The Biggest & Most Comprehensive in Town” yang akan berlangsung  mulai tanggal 5 – 7 Agustus  2016 nanti di di Grand Galaxy Convention HallElma Theana artis senior Indonesia yang kini memulai bisnis Wedding Organizer dan akan membagikan pengalamannya dalam talkshow "Wedding Organizer Syariah". Dalam acara tersebut juga bertabur bintang tamu lainnya, untuk info lebih lengkap silahkan intip di IG: @grandgalaxyconventionhall .

 

Nah, diluar mengenai pro kontra terhadap Wedding Exhibition, mengutip perkataan seorang teman, "nikah ya balik lagi ke masing-masing orang, mau nikah mainstream atau istimewa". Lagi-lagi ukuran dan definisi mainstream atau istimewa setiap orang itu berbeda.

Jadi, sudah punya gambaran mengenai seberapa penting sih mengunjungi Wedding Exhibition?

Ikuti tulisan menarik Diaz Setia lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu