Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Rabu, 18 Desember 2019 16:59 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
img-content
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tips membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar untuk mendapatkan respon baik dari bagian personalia.

Membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar akan membuka peluang Anda untuk diberikan kesempatan interview dimana ini merupakan fase awal bagi seorang pelamar untuk diterima sebagai karyawan baru di suatu perusahaan.

Sehingga dengan demikian, Anda perlu menulis surat lamaran dengan sebaik-baiknya agar mendapat tanggapan positif dari bagian HRD atau Personalia. Namun demikian, membuat surat lamaran yang bagus dan lengkap tentunya membutuhkan referensi bagi seorang fresh graduate.

Berikut ini beberapa tips membuat surat lamaran kerja yang benar sesuai dengan ketentuan yang berlaku sebagaimana diulas Artikeloka. Anda bisa memperhatikan beberapa poin yang diulas berikut ini.

Tip Membuat Surat Lamaran Kerja yang Benar

  1. Baca dengan baik persyaratan yang dibutuhkan dalam lowongan pekerjaan tersebut. Hal ini dibutuhkan agar isi surat lowongan pekerjaan Anda tidak keluar dari konteks.
  2. Tulislah surat lamaran kerja dengan kata yang merupakan bahasa baku menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia.
  3. Gunakanlah kata-kata yang mudah dipahami, singkat, padat, jelas, sopan, dan menarik.
  4. Tujuan surat harus jelas. Nama yang dituju harus Anda pastikan benar ejaan namanya, gelar, dan jabatan, begitu pula dengan alamat perusahaan.
  5. Setelah Anda selesai menulis surat lamaran kerja. Baca sekali lagi, pastikan tidak ada salah ketik. Menggunakan tata bahasa yang baik dan benar, serta tidak ada kata yang sering diulang-ulang.
  6. Baik surat lamaran kerja yang ditulis tangan maupun diketik, pastikan kertas yang Anda pakai bersih. Tidak ada kotoran, bekas terlipat, bekas dihapus, bekas tip-ex, atau kotoran apapun itu.
  7. Jika Anda menulis surat lamaran kerja dengan tulisan tangan, pastikan tulisan Anda dapat terbaca. Hindari menggunakan tulisan tegak bersambung. Alasi tangan Anda menggunakan tisu ketika menulis agar kertas tidak kotor maupun tiba-tiba terlipat.
  8. Tempat dan tanggal penulisan surat.
  9. Kepada Yth. nama orang beserta gelar dan jabatannya atau perusahaan yang dituju. Alamat lengkap perusahaan.
  10. Salam hormat
  11. Kata pengantar / pembukaan: Dalam kata pengantar atau pembuka dalam surat lamaran kerja wajib Anda cantumkan di mana Anda mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang dibuka pada perusahaan yang Anda tuju. Baik dari surat kabar maupun internet, atau teman Anda. Sebutkan posisi jabatan pekerjaan yang Anda pilih jika dalam perusahaan tersebut membutuhkan banyak sekali karyawan baru.
  12. Biodata pribadi: Tuliskan nama lengkap Anda, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telepon atau nomor handphone, E-Mail, Pendidikan (tidak wajib). Jika Anda ingin menulis latar belakang pendidikan Anda, tulis saja latar belakang pendidikan tertinggi Anda.
  13. Pengalaman kerja dan kemampuan Anda: Jika sebelumnya Anda pernah bekerja, tulisan pekerjaan Anda sebelumnya. Jika belum pernah bekerja (fresh-graduate) tidak usah. Tulis juga kemampuan Anda yang sekiranya dibutuhkan dalam perusahaan tersebut.
  14. Penutup: Dalam penutup ini tulislah untuk pembaca Anda bahwa Anda mempunyai keinginan kuat agar diterima di perusahaan tersebut. Jangan lupa mengucapkan Terima kasih.
  15. Lampiran surat lamaran kerja: Agar perusahaan yang Anda tuju semakin yakin untuk menerima Anda, lampirkan juga hal-hal yang dapat menambah nilai Anda. Hal yang sebaiknya ada sebagai lampiran adalah Pas foto (foto terbaru), Fotokopi KTP, Daftar riwayat hidup, Fotokopi ijazah terakhir, Fotokopi sertifikat kompetensi (kursus atau pelatihan yang pernah Anda ikuti)

 

Demikian tip menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar yang dapat Anda perhatikan saat Anda membuat surat lamaran. Jangan abaikan beberapa poin yang disebutkan diatas agar lamaran Anda mendapatkan respon yang baik dari bagian HRD.

Bagikan Artikel Ini
img-content
Deden

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
img-content
Lihat semua