x

mandi kucing

Iklan

Ramirsa Juanita

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 6 Juli 2020

Sabtu, 18 Juli 2020 20:05 WIB

Apakah Kucing Perlu Mandi? Berikut Tip Memandikan Kucing

Kucing biasanya tidak perlu mandi, tetapi ada beberapa keadaan ketika mereka tidak bisa membersihkan sendiri, atau karena memiliki bulu yang panjang dan kusut.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pada umumnya, kucing tidak suka mandi dan mereka menganggap bahwa mandi adalah pengalaman yang sangat menegangkan. Meskipun begitu, ada baiknya sebagai pemilik membersihkan area yang sulit kucing jangkau, daripada membasahi seluruh tubuhnya.

Namun, jika kucing Anda perlu mandi karena mereka sangat kotor atau terkena dengan cairan yang membuat bulunya kotor. Maka ada baiknya untuk memandikan kucing Anda.

Tips Sebelum Memandikan Kucing

Pastikan untuk menyiapkan apa yang diperlukan pada satu tempat sebelum Anda memandikan kucing. Sehingga ketika Anda memandikan kucing, semuanya sudah tersedia dan mudah dijangkau. Berikut yang akan dibutuhkan:

  • Ember plastik besar, wastafel atau bak mandi untuk digunakan sebagai bak mandi kucing.
  • Shampo khusus kucing. Jangan pernah menggunakan sampo manusia, karena tidak cocok untuk bulu dan kulit kucing karena perbedaan tingkat pH.
  • Kondisioner kucing jika diperlukan. Sekali lagi, jangan gunakan kondisioner untuk manusia.
  • Satu atau dua handuk
  • Kuas untuk mengatasi bulu yang kusut.

Cara Memandikan Kucing

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Isi bak mandi kucing dengan air hangat yang cukup (tidak panas) untuk mencuci kucing Anda lalu  turunkan kucing Anda dengan lembut ke dalam air. Jangan sampai berlebihan, karena ini hanya akan membuat kucing Anda lebih cemas.

Oleskan sedikit sampo dan air hangat hanya untuk area yang kotor. Jika ingin membasahi kucing ke seluruh tubuh, hindari area kepala dan fokuskan untuk menyabuni seluruh tubuh termasuk ekor, bagian bawah dan lehernya saja.

Ketika sudah siap untuk dibilas, gunakan satu tangan untuk meratakan air hangat. Lalu gunakan tangan yang lainnya untuk melindungi mata dan telinga mereka dari air. Ulangi proses ini jika Anda menggunakan kondisioner kucing.

Sangat penting untuk membilas sampo atau kondisioner secara menyeluruh karena kucing Anda mungkin akan menjilat kelebihan air, dan Anda tidak ingin mereka menelan busa. Setelah sudah selesai membilas, biarkan kucing agar sisa air menetes dan terbuang.

Tips Setelah Memandikan Kucing

Dikutip dari Hewanee.com bahwa umumnya kucing lebih suka dikeringkan dengan handuk daripada dikeringkan dengan pengering rambut, kecuali jika mereka sudah terbiasa dengan pengering rambut dari kecil. Jangan biarkan mereka keluar sampai kucing benar-benar kering, sehingga mereka tidak masuk angin.

Pastikan untuk tidak memandikan lebih dari satu kucing secara bersamaan. Pasalnya ini akan menyebabkan perubahan aroma sehingga berpotensi adanya kucing yang bertengkar.

Ikuti tulisan menarik Ramirsa Juanita lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB