Contoh ANALYSING THE SCRIPT
Genre : Drama Inspiratif
Struktur
- Pengenalan
Dikenalkan tokoh utama yaitu Fajar, seorang siswa kelas 5 SD yang
terkena musibah saat berangkat sekolah hingga harus kehilangan uang
sakunya. Kemudian bu Fatimah (ibu Fajar) yang menjadi motivator dalam
hidup Fajar, Karin dan Rio tokoh antagonis yang menghalangi Fajar untuk
mencapai tujuan. Fajar memiliki teman satu bangku di kelas yang sangat
perhatian kepada Fajar bernama Andy. Di sekolah, Fajar memiliki guru
yang sangat bijak bernama bu Dewi yang berperan menjadi tokoh
penengah.
- Isi
Dalam hidup, bu Fatimah selalu menanamkan pemahaman kepada Fajar
bahwa lebih baik tangan diatas daripada tangan dibawah dan selalu
berbagilah walaupun dalam keadaan sulit. Saat berangkat ke sekolah, Fajar
disuruh ibunya untuk menginfaqkan setengah dari uang sakunya namun
ditengah jalan ia terserempet oleh pengendara motor hingga terjatuh dan
kehilangan uangnya. Di dalam kelas, Fajar menjadi sedih dan murung
hingga menarik perhatian Andy dan bu Dewi. Andy mencoba bertanya
kepada Fajar apa yang telah terjadi begitu juga dengan bu Dewi dan
Fajarpun bercerita kepada Andy dan bu Dewi. Fajar tidak mau beranjak
pergi dari tempat duduknya dan melihat teman-temannya yang sedang
asyik menyantap jajanan dan minuman. Hingga akhirnya bu Dewi
mengganti uang Fajar yang hilang sebesar 2.000 rupiah, namun Fajar tidak
mau menerima. Karena Fajar meyakini lebih baik tangan diatas daripada
tangan dibawah. Niat baik Fajar untuk menginfaqkan uang sakunya harus
pupus namun disisi lain, niat baik itu mendapat balasan baik pula dari
orang lain ketika Fajar harus kehilangan uang sakunya.
- Penutupan
Ketika niat baik Fajar harus pupus karena uang sakunya hilang, ia
mendapat balasan kebaikan dari Andy yang mentraktir Fajar karena uang
sakunya yang untuk jajan dan infaq hilang ketika terjatuh. Andy dan Fajar
pergi keluar membeli kue dan bu Dewi tersenyum senang melihat kedua
muridnya memiliki hati dan niat yang tulus dan baik.
3D KARAKTER
1. FAJAR
FISIOLOGI : Berusia 9 tahun, memiliki tinggi badan 120 cm, memiliki
berat badan 30 kg, berkulit sawo matang. Memiliki mata normal dan
hidung yang tidak begitu mancung. Berambut pendek lurus berwarna
hitam dengan potongan rapi. Pakaian yang ia kenakan ialah seragam
sekolah merah putih yang terlihat usang tetapi bersih dan rapi. Memakai
sepatu cats berwarna hitam dengan kaos kaki berwarna putih.
PSIKOLOGI: Seorang anak kecil yang suka memberi, rajin, baik, ceria,
tapi mudah kecewa dan mudah sedih.
SOSIOLOGIS: ia adalah seorang siswa kelas 5 SD yang berasal dari
keluarga kurang mampu. Ia hanya memiliki sepeda ayun untuk alat
transportasinya menuju sekolah.
2. ANDY
FISIOLOGI : Berusia 9 tahun, memiliki tinggi badan 130 cm, memiliki
berat badan 45 kg, berkulit sawo matang. Memiliki mata normal dan
hidung yang tidak begitu mancung. Berambut pendek lurus berwarna
coklat dengan potongan rapi. Pakaian yang ia kenakan ialah seragam
sekolah merah putih yang bersih dan rapi. Memakai sepatu cats berwarna
hitam dengan kaos kaki berwarna putih.
PSIKOLOGI: seorang anak kecil yang baik, dan perhatian terhadap
sesama.
SOSIOLOGIS: ia adalah seorang siswa kelas 5 SD yang berasal dari
keluarga menengah.
3. IBU DEWI
FISIOLOGI : Berusia 28 tahun, memiliki tinggi badan 165 cm, memiliki
berat badan 55 kg, berkulit kuning langsat. Berkerudung. Bermata sedikit
sipit dan berhidung mancung. Pakaian yang ia kenakan ialah atasan blouse
berwarna pastel dengan rok berwarna hitam. Memakai sepatu jinjit dengan
high rendah.
PSIKOLOGI: Seorang wanita yang memiliki jiwa keibuan, suka
menolong, baik, sabar, lemah lembut.
SOSIOLOGIS: adalah seorang pengajar sekolah dasar dan berasal dari
keluarga menengah. Ia adalah orang uang suka menolong sesama manusia.
Position of Characters
1. Karakter utama
Fajar. Seorang anak kecil yang kurang beruntung tapi memiliki niat baik
untuk saling berbagi.
2. Apa tujuan karakter utama ?
Menginfaqkan setengah dari uang sakunya ke masjid.
3. Apa tantangannya?
Saat akan berangkat sekolah Fajar mengalami peristiwa dimana ia
terserempet pengendara motor hingga ia jatuh dan harus kehilangan uang
sakunya yang diniatkan untuk infaq.
4. Bagaimana membangun kepercayaan penonton terhadap karakter?
Dengan memberikan tindakan realistis yang di perankan oleh pemain, dan
menceritakan kronologis cerita meskipun tidak secara detail.
5. Cara menyusun plot untuk mencapai karakter.
- Struktual 3 babak = pengenalan, konflik, penyelesaain
6. Apa konfliknya?
- Ketika berangkat ke sekolah terserempet hingga terjatuh.
- Kehilangan uang sakunya. Padahal setengah dari uang itu diniatkan
untuk di infaqkan ke majid.
7. Benang merah mencapai tujuan.
Ketika ada niat baik maka akan dibalas dengan kebaikan. Fajar yang tidak
jadi berbagi karena kehilangan uangnya mendapat balasan baik dari Andy
yang mau mentraktirnya, hal tersebut dilakukan karena Andy ingin berbagi
juga seperti apa yang telah diniatkan oleh Fajar.
Semoga membantu :)
Ikuti tulisan menarik Risti lainnya di sini.