3 Vitamin Terbaik untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh Anda - Humaniora - www.indonesiana.id
x

image: Cleveland Clinic

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Senin, 12 September 2022 06:15 WIB

  • Humaniora
  • Topik Utama
  • 3 Vitamin Terbaik untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh Anda

    Makan makanan bergizi yang kaya vitamin tertentu dapat membantu sistem kekebalan tubuh Anda melawan penyakit.

    Dibaca : 484 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Makan dengan benar adalah langkah penting untuk menangkal penyakit

    Pepatah lama, "Sebuah apel sehari dapat menjauhkan diri dari dokter," mungkin memiliki kebenaran di baliknya. Makan makanan bergizi yang kaya vitamin tertentu dapat membantu sistem kekebalan tubuh Anda melawan penyakit.

    Kami berbicara dengan ahli diet terdaftar Julia Zumpano, RD, LD, untuk melihat lebih dekat vitamin ini, makanan apa yang dapat Anda temukan di dalamnya dan bagaimana mereka dapat membantu Anda tetap sehat. Inilah yang dia katakan:

    •  Vitamin C adalah salah satu penguat sistem kekebalan terbesar dari semuanya. Padahal, kekurangan vitamin C malah bisa membuat Anda lebih mudah sakit. Makanan kaya vitamin C termasuk jeruk, grapefruits, jeruk keprok, stroberi, paprika, bayam, kangkung dan brokoli. Asupan vitamin C harian sangat penting untuk kesehatan yang baik karena tubuh Anda tidak memproduksi atau menyimpannya. Kabar baiknya adalah bahwa vitamin C ada dalam begitu banyak makanan sehingga kebanyakan orang tidak perlu mengonsumsi suplemen vitamin C kecuali jika disarankan oleh dokter.

    •  Vitamin B6 sangat penting untuk mendukung reaksi biokimia dalam sistem kekebalan tubuh. Makanan kaya vitamin B6 termasuk ayam dan ikan air dingin seperti salmon dan tuna. Vitamin B6 juga ditemukan dalam sayuran hijau dan buncis, yang merupakan bahan utama hummus.

    •  Vitamin E adalah antioksidan kuat yang membantu tubuh melawan infeksi. Makanan yang kaya vitamin E termasuk kacang-kacangan, biji-bijian dan bayam.

    Cara berbelanja untuk meningkatkan kekebalan Anda

    Aturan sederhana dapat membantu Anda saat memilih buah dan sayuran di toko kelontong atau pasar petani: Semakin berwarna buah dan sayuran, semakin baik.

    “Cobalah untuk makan berbagai macam makanan, dan bertujuan untuk makan buah dan sayuran dari setiap warna pelangi,” kata Zumpano. “Piring Anda akan lebih menarik untuk dilihat, dan Anda akan memastikan bahwa Anda mendapatkan vitamin dan nutrisi penambah kesehatan sebanyak mungkin.”

    Penting juga untuk mengetahui bahwa Anda membangun sistem kekebalan yang kuat dengan mempertahankan kebiasaan makan yang sehat dari waktu ke waktu. Anda tidak bisa makan empat jeruk saat sarapan dan berharap hari itu terlindungi dari masuk angin.

    Bisakah suplemen membantu kekebalan Anda?

    Sementara vitamin dan suplemen dapat membantu mengisi kesenjangan dalam diet Anda, cara terbaik untuk mengisi nutrisi penting adalah dengan mendapatkannya langsung dari makanan.

    Tubuh Anda menyerap dan menggunakan vitamin dan nutrisi lebih baik jika berasal dari sumber makanan. Ketika itu vitamin atau suplemen, sering dipertanyakan berapa banyak yang sebenarnya Anda dapatkan. Karena suplemen diatur sebagai makanan, bukan sebagai obat, Food and Drug Administration tidak mengevaluasi kualitas suplemen atau menilai efeknya pada tubuh.

    Beberapa suplemen mungkin memiliki efek samping, terutama jika dikonsumsi sebelum operasi atau dengan obat lain. Suplemen juga dapat menyebabkan masalah jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu. Dan efek dari banyak suplemen belum diuji pada anak-anak, wanita hamil dan kelompok lain.

    Sangat penting untuk menghindari mengonsumsi suplemen vitamin E. Tidak hanya ada sedikit penelitian klinis yang menunjukkan bahwa suplemen vitamin E bermanfaat bagi kesehatan Anda, tetapi juga dapat berbahaya dalam beberapa situasi.

    Untuk alasan ini, para ahli mengatakan yang terbaik adalah mendapatkan vitamin melalui makanan daripada suplemen.

    “Bicaralah dengan penyedia layanan kesehatan Anda jika Anda berpikir untuk mengonsumsi suplemen makanan,” kata Zumpano.

    Tetap terhidrasi juga dapat meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh Anda, kata Zumpano. Air membantu tubuh Anda memproduksi getah bening, yang membawa sel darah putih dan sel sistem kekebalan tubuh lainnya. Cobalah untuk menghindari minuman berlebihan yang bisa membuat Anda dehidrasi, seperti kopi. Atau cobalah makan lebih banyak makanan yang menghidrasi, seperti mentimun, seledri atau semangka.

    ***
    Solo, Minggu, 11 September 2022. 6:46 am
    'salam sehat penuh cinta'
    Suko Waspodo
    suka idea
    antologi puisi suko

     

    Ikuti tulisan menarik Suko Waspodo lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.







    Oleh: Dien Matina

    3 hari lalu

    Antre

    Dibaca : 216 kali