Manfaat Terbaik Ikan Gabus untuk Kesehatan yang Sayang Dilewatkan

Kamis, 13 Juni 2024 12:37 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Ikan gabus atau Channa striata merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia. Pasalnya, ikan yang satu ini juga telah diketahui mengandung sejumlah nutrisi yang sangat baik

Ikan gabus atau Channa striata merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia. Pasalnya, ikan yang satu ini juga telah diketahui mengandung sejumlah nutrisi yang sangat baik sekali untuk kesehatan tubuh manusia. Lalu, apa saja manfaat dari ikan gabus ini untuk kesehatan? Marilah simak lebih lanjut beberapa informasi lengkapnya pada pembahasan berikut ini.

Kandungan Ikan Gabus

Berkat kandungan nutrisinya, ikan gabus kerap direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak, lansia, hingga ibu hamil. Selain itu, dilansir juga dari beberapa sumber paling terpercaya, 100 gram ikan gabus segar ini sendiri mengandung kandungan nutrisi sebagai berikut:

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

- Energi: 80 kalori.

- Air: 79,6 gram.

- Protein: 16,2 gram.

- Karbohidrat: 2,6 gram.

- Lemak: 0,5 gram.

- Kalium: 254 miligram.

- Kalsium: 170 miligram.

- Fosfor: 139 miligram.

- Natrium: 65 miligram.

- Seng: 0,4 miligram.

- Vitamin B1 (tiamin): 0,4 miligram.

- Tembaga: 0,3 miligram.

- Vitamin B2 (riboflavin): 0,2 miligram.

- Vitamin B3 (niasin): 0,1 miligram.

- Besi: 0,1 miligram.

- Vitamin A (retinol): 335 mikrogram.

Beragam Manfaat Ikan Gabus untuk Kesehatan

Secara umum, manfaat ikan gabus untuk kesehatan tubuh sangatlah beragam, mulai dari menunjang pertumbuhan dan pembentukan jaringan otot, menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, hingga meminimalkan risiko serangan jantung pada manusia. Berikut ini juga adalah penjelasan lengkapnya:

Mendukung Pertumbuhan dan Pembentukan Jaringan Otot

Manfaat ikan gabus bagi kesehatan adalah mendukung pertumbuhan dan pembentukan jaringan otot. Ikan gabus diketahui memiliki kandungan protein yang tinggi, sehingga mampu membentuk massa otot pada tubuh. Namun, untuk meningkatkan massa otot secara optimal, tetap penting untuk menyeimbangkan konsumsi makanan berprotein dengan olahraga teratur, terutama latihan beban.

Menjaga Keseimbangan Cairan dalam Tubuh

Manfaat ikan gabus untuk kesehatan selanjutnya adalah mampu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Pasalnya, ikan gabus mengandung albumin, yaitu protein dalam plasma darah yang mampu menjaga cairan dalam darah agar tidak bocor ke jaringan lain. Selain itu, protein yuang satu ini juga berperan penting dalam membawa dan mendistribusikan hormon, vitamin, dan enzim ke seluruh tubuh.

Menjaga Stamina Tubuh

Kandungan protein pada ikan gabus ini tentunya juga dapat dijadikan sebagai salah satu sumber energi yang sangat baik bagi tubuh. Protein umumnya membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna oleh tubuh. Alhasil, nutrisi tersebut mampu menjaga stamina tubuh tetap stabil dan bertahan lebih lama.

Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Mempercepat proses penyembuhan luka juga menjadi salah satu manfaat paling trbaik ikan gabus untuk kesehatan. Selain itu, manfaat ikan gabus untuk luka ini juga bisa didapat dari kandungan asam amino khususnya glisin yang cukup tinggi pada ikan gabus. Asam amino sendiri merupakan senyawa yang mampu meningkatkan produksi kolagen sehingga ini mampu mempercepat pembentukan jaringan kulit.

Meminimalkan Risiko Osteoporosis

Ikan gabus mengandung kalsium, fosfor, dan protein dalam jumlah tinggi. Ketiga nutrisi tersebut dipercaya dapat membantu menjaga kepadatan dan kekuatan tulang. Dengan begitu, mengonsumsi ikan gabus dalam jumlah sedang dapat menjaga kesehatan tulang dan meminimalkan risiko osteoporosis.

Menjaga Kesehatan Mata

Ikan gabus merupakan salah satu jenis ikan yang kaya akan vitamin A. Oleh karena itu, mengonsumsi ikan gabus dapat membantu menjaga kesehatan mata secara keseluruhan. Vitamin ini berperan penting dalam mengubah cahaya yang ditangkap mata menjadi impuls atau sinyal listrik yang dikirim ke otak. 

Selain itu, vitamin A juga berfungsi membentuk pigmen retina dan melembabkan kornea mata. Bahkan, mengonsumsi makanan kaya vitamin A, seperti ikan gabus, juga dapat menurunkan risiko penyakit katarak dan degenerasi makula terkait bertambahnya usia (age-related macular degenerasi atau AMD).

Mengurangi Risiko Kelahiran Prematur

Ikan gabus diperkaya dengan asam lemak omega-3 atau DHA yang dipercaya dapat menurunkan risiko persalinan prematur. Pasalnya, omega-3 memiliki efek anti inflamasi yang mampu mencegah kontraksi sebelum persalinan tiba. Selain itu, kandungan omega-3 pada ikan gabus juga dapat menurunkan risiko komplikasi kehamilan lainnya, seperti preeklamsia dan berat badan lahir rendah (BBLR) pada bayi.

Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Berkat kandungan potasiumnya yang tinggi, ikan gabus juga dapat membantu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Pasalnya potasium mampu mengendurkan otot-otot pembuluh darah sehingga mampu menjaga tekanan darah tetap stabil. Selain itu, potasium juga dapat membantu menghilangkan kelebihan natrium dalam tubuh yang juga menjadi pemicu peningkatan tekanan darah.

Manfaat Ikan Gabus Lainnya untuk Kesehatan

Selain yang telah disebutkan di atas, mengonsumsi ikan gabus dalam jumlah sedang dapat memberikan berbagai manfaat lain bagi tubuh, seperti memaksimalkan tumbuh kembang anak serta membantu meredakan periodontitis. Berikut uraian lengkap mengenai manfaat ikan gabus untuk kesehatan.

- Memaksimalkan proses tumbuh kembang anak.

- Mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

- Memperbaiki gizi buruk.

- Mengobati periodontitis (radang dan pembengkakan pada gusi dan struktur periodontal).

- Ibu hamil yang mengonsumsi ikan gabus dapat memberikan manfaat bagi janinnya, seperti mengurangi risiko terjadinya cacat lahir pada bayi serta menunjang perkembangan otak dan sistem saraf janin.

Demikian ulasan tentang Manfaat Terbaik Ikan Gabus untuk Kesehatan yang Sayang Dilewatkan alexistogel login, semoga bermanfaat.

Bagikan Artikel Ini
img-content
Jenny Aurora

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
img-content
Lihat semua