Teka-teki Tersulit di Dunia #8: Petualang Kebingungan (dan Jawaban Teka-teki #7)

Sabtu, 4 April 2020 16:20 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
img-content
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Teka teki ini tentang petualang yang tersesat. Masalahnya masih berhubungan dengan teka teki #7. Soalnya hampir mirip tapi jawabannya lebih rumit. Soal ini pernah diajukan oleh Martin Gardner, matematikawan sahabat Raymond M. Smullyan.

Karena teka teki #8 berhubungan dengan #7 yang saya tulis kemarin, maka saya akan mulai membahas teka teki yang kemarin terlebih dahulu.

Jawaban Teka-teki #7: Pemburu dan Beruang

Teka teki ini cukup populer di kalangan penggemar permainan logika dan peneliti. Variasi dari teka teki ini muncul di buku matematikawan Amerika Serikat Raymond M. Smullyan, What is the Name of This Book?: The Riddle of Dracula and Other Logical Puzzles (1978).

Bagi yang tidak mengikuti teka teki saya kemarin, saya ulangi teka tekinya demikian.

Seorang pemburu berdiri dalam jarak 100 meter di sebelah selatan seekor beruang. Dia berjalan 100 meter ke timur, lalu menghadap ke utara. Dia menembakkan senjatanya ke arah utara dan mengenai beruang itu.

Pertanyaannya: apa warna beruang itu?

Jawaban: putih.

Peristiwa itu terjadi di Kutub Utara dan beruang berada tepat di titik 0 kutub. Jadi, itu beruang kutub, yang pastilah berwarna putih.

Ilustrasinya seperti di bawah ini.

Ilustrasi Teka Teki Pemburu dan Beruang oleh Iwan Kurniawan

Teka-teki #8: Petualang Kebingungan

Nah, sekarang saya mengancik ke teka-teki #8. Martin Gardner, matematikawan sahabat Raymond M. Smullyan, menulis teka teki ini dalam bukunya, My Best Mathematical and Logic Puzzles (1994). Inti ceritanya sama, tapi Gardner menuntut jawaban alternatif. Berikut ceritanya.

Seorang petualang berjalan 1 kilometer ke selatan, lalu berjalan 1 kilometer ke timur, lalu berjalan lagi 1 kilometer ke utara. Dia bingung karena ternyata dia kembali ke titik awal. Dia mengira dirinya tersesat padahal tidak karena dia sedang berada di Kutub Utara.

Namun, ada petualang lain yang mengalami hal yang sama tapi tidak di Kutub Utara. Nah, di manakah petualang kedua ini mengalami hal tersebut? Berapa titik di bumi yang memungkinkan hal tersebut terjadi?

Silahkan jawab di kotak komentar di bawah ini. Saya akan menulis artikel mengenai jawabannya besok.

Teka Teki lain

Bagikan Artikel Ini

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
Lihat semua